Analisis User Interface dan User Experience pada Instagram Musisi Indie di Indonesia untuk Mempromosikan Karyanya di Layanan Musik Streaming Spotify

Christopher, Jonas (2019) Analisis User Interface dan User Experience pada Instagram Musisi Indie di Indonesia untuk Mempromosikan Karyanya di Layanan Musik Streaming Spotify. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan pengguna Instagram terbanyak di Asia. Penggunan Instagram di Indonesia banyak digunakan sebagai media pemasaran khususnya sebagai sarana promosi produk atau jasa yang ingin dipasarkan kepada jutaan orang diseluruh dunia secara efisien, cepat, luas serta tidak memerlukan biaya yang besar. Pemanfaatan Instagram ini juga digunakan oleh musisi indie sebagai media untuk memasarkan karya mereka. Dengan berkembangnya kegiatan promosi, distribusi musik pun juga mengalami perubahan dari rilisan musik analog/fisik menjadi rilisan digital dalm bentuk streaming musik seperti pada layanan musik streaming spotify. Sehingga, musisi menggunakan instagram merega sebagai sarana untuk mempromosikan karya mereka yang ada di spotify kepada fans serta khalayak luas. Penggunaan Instagram sebagai media pemasaran ini dapat menghasilkan user experience bagi musisi indie sebagai pengguna, sebab untuk menghasilkan user experience yang baik sangat diperlukan user interface yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat user interface dan user experience pada Instagram musisi indie di Indonesia sebagai sarana untuk mempromosikan karyanya di layanan musik streaming spotify. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dengan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat user interface dan user experience musisi indie di seluruh Indonesia. Peneliti memilih menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dengan teknik quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa user interface dan user experience instagram pada musisi indie pada tingkat yang baik sehingga dapat diindikasikan bahwa aplikasi instagram menciptakan pengalaman yang baik dan merupakan sarana yang baik bagi musisi indie untuk mempromosikan karyanya yang ada pada layanan musik streaming spotify.

English Abstract

Indonesia is a country with the most Instagram users in Asia. In fact, Instagram in Indonesia is widely used as a marketing tool, it is also used as a means of promoting products or services that want to be marketed to millions of people around the world efficiently, quickly, broadly and does not require large costs. Utilization of Instagram is also used by indie musicians as a medium to market their work. With the development of promotional activities, the distribution of music has also changed from an analog or physical music release to a digital release in the form of music streaming as in the Spotify music streaming service. So, musicians use Instagram as a means to promote their work on Spotify to fans and the wider audience. The use of Instagram as a marketing medium can produce user experience for indie musicians as users, because to produce a good user experience, a good user interface is needed. This research was conducted to determine the level of user interface and user experience on Instagram indie musicians in Indonesia as a means to promote his work on spotify streaming music services. This study uses a quantitative method with descriptive analysis techniques to determine the level of user interface and user experience of indie musicians throughout Indonesia. Researchers chose to use a questionnaire distributed online with the quota sampling technique. The results of this study indicate that the Instagram user interface and user experience on indie musicians are at a good level so that it can be indicated that the instagram application creates a good experience and is a good means for indie musicians to promote their work on spotify streaming music services.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/725/051908144
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, musisi indie, band, instagram, spotify
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Oct 2020 05:40
Last Modified: 18 Oct 2020 05:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175013
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item