Analisis Penerapan Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Hunian Pada Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pembantu Kota Madiun)

Fadiyah, Rifda Syifa El (2019) Analisis Penerapan Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Hunian Pada Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pembantu Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Urgensi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hunian, mendorong perbankan syariah untuk menawarkan produk pembiayaan terbaiknya. Salah satu produk akad dalam pembiayaan hunian yang paling populer menggunakan akad murabahah. Akan tetapi, hingga saat ini masih menjadi perdebatan mengenai kesesuaian praktik murabahah dengan konsep syariah berdasarkan teori maupun ketentuan syariah yang berlaku. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akad murabahah dalam pembiayaan hunian pada bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya ketidaksesuaian mengenai proses pembayaran uang muka yang berdampak pada ketidaksesuaian dalam proses perpindahan kepemilikan. Hal tersebut terjadi karena terdapat nasabah yang telah membeli terlebih dahulu hunian kepada developer kemudian baru datang ke bank untuk melakukan pengajuan pembiayaan. Adanya ketidaksesuaian dengan konsep syariah yang ada serta ketentuan yang berlaku, dapat disimpulkan bahwa praktik yang terjadi merupakan model ijtihad bank syariah yang telah berusaha untuk menyusun skema pembiayaan murabahah dengan sebaik-baiknya. Model ijtihad diperbolehkan untuk dilakukan ketika skema murabahah sulit untuk dilaksanakan secara teori dan konsep syariahnya.

English Abstract

The urgency of society in fulfilling their housing needs, encourages Islamic banking to offer the best financing products. One of the most popular contract product in housing financing uses murabaha contract. In the other hand, there is still debate about the suitability of murabaha practices with the concept of sharia based on existing theories and sharia provisions. Therefore, this study aims to determine the application of murabaha contract in housing financing in Islamic banks. This study uses a qualitative approach to the type of case study research. The result of this study states that there is a discrepancy on the advance payment process which has an impact on the discrepancy of ownership transfer process. This happens because there are some customers who have bought housing for the developer, then they come to the bank to apply for financing. The discrepancy happens on the existing sharia concept and applicable provisions. It can be concluded that this practice is an ijtihad model of Islamic bank that has tried to arrange murabaha financing scheme as well as possible. The ijtihad model is permissible when murabaha scheme is difficult to implement both in theory and sharia concepts.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/564/051909702
Uncontrolled Keywords: Akad Murabahah, Pembiayaan Hunian, Perbankan Syariah, Kebijakan Kepemilikan Hunian, Kebijakan Uang Muka, Murabaha Contract, Housing Financing, Sharia Banking, Housing Finance Policy, Advance Policy
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:12
Last Modified: 24 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175007
[thumbnail of SKRIPSI RIFDA SYIFA EL FADIYAH (2).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI RIFDA SYIFA EL FADIYAH (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item