Analisis Prefiks dan Sufiks pada Novel 让我留在你身边ràng wǒ liú zài nǐ shēnbiān Karya 张嘉佳

Sari, Puput Dina Eka Aprilian (2019) Analisis Prefiks dan Sufiks pada Novel 让我留在你身边ràng wǒ liú zài nǐ shēnbiān Karya 张嘉佳. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Novel merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk karangan yang bercerita tentang kehidupan seseorang. Novel berfokus pada penggambaran karakter, genre sastra kehidupan sosial yang tercermin melalui alur cerita dan deskripsi lingkungan yang lengkap. Afiksasi merupakan sebuah morfem yang digunakan untuk membentuk suatu kata baru, prefiks merupakan afiks yang ditambahkan diawal kata, prefiks merupakan afiks yang ditambahkan dibelakang kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan macam-macam sufiks dan prefiks beserta proses pembentukannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini didapatkan hasil berupa 3 macam prefiks yaitu prefiks 1 第dì, prefiks 5老lǎo, prefiks 2可kě dan 6 macam sufiks yaitu 11 sufiks 人rén, 3 sufiks 们men, 4 sufiks 头tóu, 2 sufiks 者zhě, 2 sufiks 子zi, 1 sufiks 儿er.

Other obstract

小说是一种讲述人生故事的文学作品。小说,以刻画人物形象为中心,通过完整的故事情节和环境描写来反映社会生活的文学体裁。词缀,是只能粘附在词根上构成新词的语素,不能单独构成词,粘附在词根前面的词缀叫前缀,粘附在词根后面的词缀叫做后缀。这本论文的目标是讨论关于前缀和后缀在中文,和形成的前缀和后缀在中文。本论文以定性描述为研究方法。研究结果如下在小说中有3个前缀和6个后缀。前缀“第”(1个),前缀“可”(2个),前缀“老”(5个),后缀“人”(11个),后缀“们”(3个),后缀“头”(2个),后缀“者”(1个),后缀“子”(4个),后缀“儿”(1个)。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/5/051908527
Uncontrolled Keywords: afiksasi, prefiks, sufiks
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:31
Last Modified: 13 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174998
[thumbnail of Puput Dina Eka Aprilian Sari.pdf] Text
Puput Dina Eka Aprilian Sari.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item