Analisis Hubungan Antara Literasi Numerasi, Kecemasan Finansial (Financial Anxiety), Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Dan Uang Saku Bulanan Dengan Literasi Keuangan Mahasiswa Universitas Brawijaya

Ariandani, Ardelia Pratista (2019) Analisis Hubungan Antara Literasi Numerasi, Kecemasan Finansial (Financial Anxiety), Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Dan Uang Saku Bulanan Dengan Literasi Keuangan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara literasi numerasi, kecemasan finansial, IPK maupun uang saku bulanan mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang dengan tingkat literasi keuangan yang ia miliki. Literasi numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk mengolah maupun mencerna informasi numerik. Kecemasan finansial merupakan sindrom psikososial yang dikaitkan dengan buruknya emotional attitude seorang individu saat dihadapkan dengan hal-hal yang menyangkut keuangan. Indeks prestasi kumulatif atau IPK merupakan satuan yang digunakan untuk menggambarkan performa mahasiswa dalam kegiatan akademis. Uang saku bulanan merupakan jumlah uang yang diterima dan dialokasikan oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sehar-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya literasi numerasi yang memiliki hubungan signifikan dengan literasi keuangan responden. Hal ini berakar pada eratnya hubungan antara kemampuan numerik seorang individu dengan bagaimana ia mengaplikasikan ilmu tersebut untuk membuat keputusan keuangan yang paling baik, yaitu merupakan tujuan dari literasi keuangan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan uji chi-square untuk meneliti hubungan dari masing-masing variabel baris dan variabel kolom.

English Abstract

The purpose of this research is to find out whether or not there are relationships between numeracy, financial anxiety, grade point average (GPA) and the monthly allowance of Brawijaya University’s students with their financial literacy level. Numeracy can be defined as an individual’s ability to process or digest any numerical information. Financial anxiety is a psychosocial syndrome associated with an individual’s bad emotional attitude when faced by anything financial related. Grade point average, or GPA, is a unit used to depict university students’ academical performance. Monthly allowance is the amount of money received and then allocated by students to fulfil their daily needs. The result of this research shows that numeracy is the only variable that has a significant relationship with students’ financial literacy. This is rooted in the strong relationship between a person’s numerical abilities and how they apply the knowledge into making sound financial decision, which is the main goal of financial literacy itself. This research uses chi-square test to study the relationships of each row and column variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/560/051909671
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, literasi numerasi, kecemasan finansial, IPK, uang saku bulanan, chi-square, financial literacy, numeracy, financial anxiety, GPA, monthly allowance, chi-square
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Oct 2020 14:27
Last Modified: 24 Oct 2021 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174985
[thumbnail of SKRIPSI - ARDELIA PRATISTA (2).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI - ARDELIA PRATISTA (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item