Pengaruh Anime Terhadap Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2015-2017 Universitas Brawijaya

Samsara, Alifi Raka (2019) Pengaruh Anime Terhadap Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2015-2017 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anime merupakan salah satu budaya populer berasal dari Jepang yang diterima oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri penayangan anime di televisi memang sudah berkurang, namun anime tetap populer di kalangan anak-anak muda dan penggemarnya tetap banyak. Anime berasal dari bahasa Inggris yaitu animation. Banyak penonton anime yang lebih suka mengunduh anime dari internet karena lebih banyak pilihan dan episodenya lebih lengkap. Seperti yang terdapat di dalam Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya, karena sebagian besar mahasiswanya adalah penggemar anime, mereka lebih cepat dalam memahami bahasa Jepang yang sudah ataupun belum diajarkan di kelas. Penulis tertarik untuk mengangkat rumusan masalah bagaimana pengaruh menonton anime dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang bagi mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Dalam penelitian yang mengkaji bagaimana pengaruh menonton anime dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang bagi mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya, peneliti menggunakan teori behaviorisme. Metode yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa anime berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan bahasa Jepang mahasiswa. Anime telah membantu mahasiswa dalam menerima kosakata baru, pengaplikasian frasa, semakin mudah untuk memahami tata bahasa Jepang, dan semakin mudah dalam menyimak percakapan bahasa Jepang.

Other obstract

アニメはインドネシアで歓迎させる日本の大衆文化の一つである。今になってインドネシアのテレビ番組ではアニメがあまり放送されなくても、インドネシアの若者にまだ人気がある。アニメは英語のアニメーションの略から誕生した言葉である。アニメの視聴者は大体インタネットからダウンロードさせた。例えブラウィジャヤ大学の文学科の学生である。大いにアニメのファンでありつつ学生の皆さんがクラスで教えられたまた教えられなかった日本語が飲み込まれやすくなった。著者こちらのテーマに興味を持ち、「日本語学科の学生の日本語能力に対するアニメを見るのがどんな影響が起きるのか」という問題を答えようとした。 日本語学科の学生の日本語能力に対するアニメを見るのがどんな影響を研究するため著者はビヘイビアリズム(行動主義)の理論を使い、定性的な記述方法で研究する。 結果、アニメを見ることで日本語能力を上達させることが証明された。学生はアニメから様々な単語を得ることができ、言葉の使い方も分かり、更に日本語のコミュニケーション力、聴解力も上達させる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/60/051908582
Uncontrolled Keywords: Anime, genre, behaviorisme
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:39
Last Modified: 08 Apr 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174954
[thumbnail of Alifi Raka Samsara.pdf] Text
Alifi Raka Samsara.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item