Pengaruh Media Permainan Puzzle Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMK Kabupaten Malang

Zakaria, Mahmud (2019) Pengaruh Media Permainan Puzzle Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMK Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat diminati di Indonesia, namun kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing sulit dipelajari. Hal ini terjadi pada siswa di SMK Diponegoro Tumpang. Kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Jepang sehingga membutuhkan suatu media untuk menarik perhatian siswa, sehingga pada penelitian ini menggunakan permainan puzzle untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh permainan puzzle terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang, 2). Tanggapan siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang setelah mempelajari kosakata bahasa Jepang dengan permainan puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest kosakata bahasa Jepang, serta membuktikan bahwa penggunaan permainan puzzle berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa Kelas XII SMK Diponegoro Tumpang. Selain itu, berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat tinggi terhadap penggunaan permainan puzzle sebagai media pembelajaran kosakata.

Other obstract

日本語は、インドネシアで外国語として人気がある。しかし、外国 語の言葉をマスターするのが困難だといった理由の一つである。そこで、 本研究は、日本語の学習者における語彙の向上を目的にしたパズルゲームにどのような影響をもたらすのかを行われる。これらの問題を踏 まえ、本研究の目的は、1)ツマパンにある ヂイポネゴロ職業学校のクラスXIIの日本語の語彙習得にパズルゲームの影響があるかどうかを調べる。 2)ツマパンにある ヂイポネゴロ職業学校のクラスXIIの日本語の語彙習得にパズルゲームの使用に関する反応又は意見 などを調べるためである。 結果は 事前テストと事後の点数に有意な差があると分かった。そ して、ツマパンにあるヂイポネゴロ職業学校のクラス XIIの日本 語の語彙習得にパズルゲームの影響があると証明された。アンケ ート結果によると、語彙習得としてパズルゲームの使用には最適 だということが明らかになった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/58/051908580
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Permainan, Puzzle, Kosakata, Pembelajaran Kosakata
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:39
Last Modified: 05 Mar 2024 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174950
[thumbnail of Mahmud Zakaria.pdf] Text
Mahmud Zakaria.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item