Hubungan Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Politik Bagi Pemilih Milenial (Studi Pada Kontestasi Pilkada Kota Malang 2018)

Lisavira, Lady (2019) Hubungan Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Politik Bagi Pemilih Milenial (Studi Pada Kontestasi Pilkada Kota Malang 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efek penggunaan media sosial sebagai saluran kampanye untuk menggaet suara pemilih milenial. Penelitian ini berfokus pada kontestasi pemilihan kepala daerah Kota Malang tahun 2018. Data sekunder penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode studi pustaka, dengan melihat data KPU Kota Malang, mempelajari jurnal, laman berita, dan akun media sosial kandidat dan yang terkait. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner, yang secara langsung dibagikan kepada responden. Target responden yang dipilih adalah warga Kota Malang yang memiliki usia 18-34 tahun dan terdaftar sebagai Daftar Calon Pemilih Tetap pada Pilkada Kota Malang 2018. Teknik penelitian ini menggunakan aksidental sampling, dengan total 100 responden. Data telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial sebagai saluran kandidat untuk melakukan komunikasi pemasaran dan promosi politik terhadap pemilih milenial. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi para politisi dan masyarakat untuk strategi kampanye media sosial pada pemilihan selanjutnya.

English Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of using social media as a campaign channel to attract the voice of millennial voters. This research focuses on the contestation of Malang regional elections in 2018. Secondary data of this study were collected using literature study methods, by looking at data-base KPU (Regional Electoral Commision), studying journals, news pages, and candidate and related social media accounts. Primary data was collected using a questionnaire, which was directly distributed to respondents. The selected target respondents were citizens of Malang City who had 18-34 years of age and were registered as DPT (the Permanent Voter Candidate List) in the 2018 Malang City Election. This research technique used accidental sampling, with a total of 100 respondents. Data has been tested for validity and reliability using multiple linear regression analysis. The results of this study are that there is a significant relationship between the use of social media as a candidate channel for marketing communication and political promotion of millennial voters. The results of this study can be used as recommendations for politicians and the public for the next strategy of social media campaigns

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/767/051908186
Uncontrolled Keywords: Media sosial, pemilih milenial, komunikasi pemasaran politik, promosi politik, Social media, millennial voters, political marketing communications, political promotions
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:31
Last Modified: 09 Oct 2020 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174934
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item