Strategi Desainer Grafis Kota Malang dalam Meningkatkan Apresiasi Kerja oleh Masyarakat Kota Malang

Salfitra, Mohammad Ary (2019) Strategi Desainer Grafis Kota Malang dalam Meningkatkan Apresiasi Kerja oleh Masyarakat Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi desainer grafis di Kota Malang dalam meningkatkan apresiasi kerja oleh masyarakat Kota Malang. masyarakat Kota Malang memiliki permasalahan dalam mengapresiasi profesi Desainer grafis dan apresiasi hasil kerja yang dikerjakan oleh desainer grafis. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan modal yang digunakan desainer grafis Kota Malang dalam meningkatkan apresiasi. Sehingga memberikan gambaran, proses yang dilakukan desainer grafis dalam meningkatkan apresiasi. Strategi yang dimiliki oleh desainer grafis dikaji menggunakan teori modalitas dari Pierre Bourdieu. Untuk menggali data, peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunak teknik analisis oleh Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukan desainer grafis dengan memberikan informasi nilai yang didapatkan oleh klien saat menggunakan jasa untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai apa yang dikerjakan oleh desainer grafis. Desainer grafis menggunakan modalitas sosial dalam bentuk pertemanan, modalitas budaya dalam bentuk membuat ketentuan dalam melayani klien, modalitas ekonomi dalam bentuk kepemilikan uang untuk menunjang kebutuhannya dalam bekerja, modalitas simbolik dengan pengaplikasian desain pada pakaian berdasarkain nilai desain yang ingin disampaikan.

English Abstract

This study discusses the strategy of graphic designers in Malang City in increasing work appreciation by the people of Malang City. Malang City community has problems in appreciating the profession Graphic designers and appreciation of the work done by graphic designers. The aim of the study was to describe the capital used by Malang City graphic designers in increasing appreciation. So as to provide an overview, a process by graphic designers to increase appreciation. The strategy possessed by graphic designers is examined using modality theory from Pierre Bourdieu. To explore data, researchers conducted interviews, observation and documentation. The data analysis technique used in this study uses analytical techniques by Miles Huberman. The results of the study show the graphic designer by providing information on the value obtained by the client when using services to provide understanding to the community about what the graphic designer is doing. Graphic designers use social modalities in the form of friendship, cultural modalities in the form of making provisions in serving clients, economic modalities in the form of ownership of money to support their needs at work, symbolic modalities with the application of designs to clothing based on the design value conveyed.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/766/051908185
Uncontrolled Keywords: Desainer grafis, Modalitas Pierre Bourdieu, Kota Malang. Graphic designer, Pierre Bourdieu modality theory, Malang City
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.32 Socialization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2020 10:20
Last Modified: 25 Oct 2020 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174932
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item