Strategi Komunikasi Krisis Pada Maskapai Penerbangan di Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif dan Kualitatif Maskapai Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air di Berita Online Detikcom Tahun 2008 – 2018)

Damanik, Felicia Artanida Sekar Sari (2019) Strategi Komunikasi Krisis Pada Maskapai Penerbangan di Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif dan Kualitatif Maskapai Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air di Berita Online Detikcom Tahun 2008 – 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan maskapai penerbangan sangat rentan terkena krisis yang dapat membuat reputasi perusahaan menurun. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi komunikasi krisis untuk memperbaiki reputasi dan keadaan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan strategi komunikasi krisis yang dipakai oleh maskapai penerbangan di Indonesia. Maskapai yang diteliti oleh peneliti adalah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air. Untuk mengetahui strateginya, maka peneliti meneliti pernyataan yang dikeluarkan pada ketiga maskapai dalam berita online Detikcom pada tahun 2008 – 2018. Metode analisis isi kuantitatif dan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa ketiga maskapai yang diteliti memiliki perbedaan dalam penggunaan strategi komunikasi krisis. Ketiga maskapai sama-sama menggunakan kategori rebuild strategies sebagai kategori respon krisis yang terbanyak digunakan. Kemudian subkategori yang paling banyak digunakan pada ketiga maskapai adalah corrective action. Subkategori respon yang tidak digunakan sama sekali pada ketiga maskapai ini adalah accident. Selain itu, peneliti juga menemukan beberapa kategori baru yang tidak dapat ditemui pada ketiga teori tersebut.

English Abstract

Airline companies are very vulnerable to get crisis which can reduce the company's reputation. Therefore a crisis communication strategy is needed to improve the reputation and circumstances that occur. This study aims to determine the differences in the use of crisis communication strategies used by airlines in Indonesia. The airlines studied by the researcher were Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, and Lion Air. To find out the strategy, the researcher examined the three airlines statements issued by in Detikcom online news in 2008 – 2018. This research used quantitative and qualitative content analysis. The researcher found that the three airlines studied had differences in the use of crisis communication strategies. The three airlines used the rebuild strategies category as the most used crisis response category. Then the most used subcategory of the three airlines is corrective action and the response subcategory that was not used at all on these three airlines was an accident. In addition, the researcher also found several new categories that could not be found on the three theories.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/765/051908184
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi krisis, maskapai penerbangan di Indonesia, analisis isi kuantitatif dan kualitatif, berita online. crisis communication strategies, airlines in Indonesia, quantitative and qualitative content analysis, online news.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:06
Last Modified: 12 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174928
[thumbnail of Felicia Artanida Sekar Sari Damanik.pdf] Text
Felicia Artanida Sekar Sari Damanik.pdf

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item