Sejarah Perkembangan Organisasi Asosiasi Praktisi Public Relations Di Indonesia

Larasati, Yukiko Ayu Kartika (2019) Sejarah Perkembangan Organisasi Asosiasi Praktisi Public Relations Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seorang Public Relations mempunyai pekerjaan yang spesifik antara lain berperan sebagai technician communication, expert prescriber communication dan communication facilitator. Para profesional Public Relations ini harus di institusionalisasikan karena mempunyai pekerjaan yang spesifik. Para profesional Public Relations ini akan bergabung bersama, tidak hanya berkumpul saja, tetapi di institusionalisasi untuk membuat organisasi kehumasan yang nantinya para profesional Public Relations ini akan mengasah skill serta bertukar informasi mengenai dunia Public Relations . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan organisasi profesi Public Relations di Indonesia dan dinamika organisasi profesi Public Relations . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk mengeksplorasi mengenai sejarah organisasi Public Relations di Indonesia. Melalui teknik pengambilan data yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi kurang lebih 1 bulan, penelitian dilakukan terhadap 6 informan dengan menggunakan instrument kunci, dalam mengambil sampel penelitian dilakukan secara purposive, sedangkan untuk pengumpulan data dengan menggunakan pengumpulan data triangulasi, di mana pada analisis yang memiliki sifat induktif atau kualitatif dan hasil penelitian lebih mengutamakan pada makna generalisasi Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Public Relations mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1970-an. Organisasi kehumasan pemerintah yang pertama kali berdiri adalah Bakohumas yaitu pada tahun 1971, kemudian Perhumas pada tahun 1972. Disusul lagi dengan APPRI yang berdiri pada tahun 1987. H3 dibentuk pada tahun 1995 kemudian FHBUMN didirikan pada tahun 2007 dan yang paling akhir adalah Iprahumas yang didirikan pada tahun 2015. Dinamika masing-masing organisasi sangatlah kompleks dan berbeda beda satu dengan yang lain.

English Abstract

Public Relations has a specific job, among others, acts as a communication technician, expert prescriber communication and communication facilitator. Professional Public Relations should be institutionalized because it has a specific job. The Public Relations will join together, not only gathered only but to make the institutionalization of the Organization PR later this Public Relations professionals will hone skills as well as the exchange of information on the world of Public Relations . This research aims to know the history of the development of the organization of the profession of Public Relations in Indonesia, the dynamics of the Organization of the profession of Public Relations.. The methods used in this research are qualitative methods to explore the history of Public Relations organizations in Indonesia. Through data capture techniques i.e. in-depth interviews, observation and documentation, approximately 1 month, research undertaken against 6 informant by using key instruments, in taking a sample of the research done on a purposive, as for data collection by using a collection of data triangulation, in which on analysis of inductive or qualitative nature and prefer the results of research on the generalization of meaning The results of this research prove that Public Relations began in Indonesia in the year 1970s. PR Government Organization was first established was Bakohumas in the year 1971, then Perhumas in 1972. Followed again with the APPRI was established in 1987. H3 was formed in 1995 and then FHBUMN was established in 2007 and most recently was Iprahumas which was established in the year 2015. The dynamics of each organization are very complex and vary with each other.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/762/051908181
Uncontrolled Keywords: Public Relations , Organisasi Public Relations , Dinamika Organisasi, Public Relations , Public Relations , Organizational Dynamics
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2020 11:08
Last Modified: 17 Oct 2020 11:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174922
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item