Hermawan, Martinus Sri (2018) Evaluasi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Sebagai Upaya Mewujudkan Good Governance Di Sekolah (Studi Kasus Pada Smpn 8 Temanggung Tilung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) di SMPN 8 Temanggung Tilung Palangka Raya. Selain itu juga menganalisis apakah SMPN 8 Temanggung Tilung Palangka Raya telah memenuhi kelima aspek akuntabilitas publik untuk mewujudkan good governance. Kelima aspek tersebut adalah akuntabilitas hukum, akuntabilitas proses, akuntabilitas program, akuntabilitas kebijakan dan akuntabilitas keuangan. Penelitian ini tentang pendidikan yang menjadi salah satu tujuan negara yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu tanpa memandang status ekonomi, suku, etnis, agama dan juga gender. Dewasa ini pendidikan yang bermutu dan berkualitas menjadi salah satu tuntutan dalam perkembangan sektor publik dalam mencapai good governance. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada objek penelitian. Objek penelitian ini bertempat di SMPN 8 Temanggung Tilung Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS yang dilakukan di SMPN 8 Temanggung Tilung Palangka Raya masih belum memenuhi semua dimensi akuntabilitas publik. Dimensi yang masih belum terpenuhi tersebut adalah akuntabilitas program dan akuntabilitas keuangan. Selain itu penelitian ini menunjukkan kendala utama dalam mewujudkan good governance adalah terkait dengan metode pencatatan yang dilakukan di SMPN 8 Temanggung Tilung Palangka Raya.
English Abstract
The objectives of this study are to analyze the management of BOS (Indonesian school grants program) in Junior High School 8 Temanggung Tilung Palangka Raya and to determine whether the school has fulfilled the five aspects of accountability for good governance. The aspects are legal, process, program, policy, and financial. This study is about education, which has become one of the state’s objectives in improving the intellectuality of the nation and thus every citizen has the right to obtain good education regardless his economic status, ethnicity, religion, and gender. Good education has become one of the requirements in public sector development in achieving good governance. The data of this qualitative descriptive research were obtained from interviews and documentation conducted in the research object, which is Junior High School 8 Temanggung Tilung Palangka Raya, Central Kalimantan. The result of this study shows that BOS management in the school has not fulfilled all public accountability dimensions. The underperforming dimensions are program and financial accountability. The result also shows that the main obstacle for good governance in the school is the recording method they apply.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FEB/2018/817/051908632 |
Uncontrolled Keywords: | BOS, Pengelolaan, Akuntabilitas, Good Governance, BOS, management, accountability, good governance |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 14:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174921 |
Text
MARTINUS SRI HERMAWAN (2).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |