Kewirausahaan Politik dalam Kampanye Pemilu Legislatif (Studi Kasus Gagasan Kampanye OK-OJ Caleg PKS Ernanto Djoko Purnomo dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kota Malang)

Sugiharto, Muhammad Reynanda Putra (2019) Kewirausahaan Politik dalam Kampanye Pemilu Legislatif (Studi Kasus Gagasan Kampanye OK-OJ Caleg PKS Ernanto Djoko Purnomo dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus ini menganalisis tentang praktik kewirausahaan politik dalam kampanye pemilu legislatif 2019 di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik kewirausahaan politik dalam kampanye pemilu legislatif. Menurut Matthew McCaffery dan Joseph T. Salerno dalam “A Theory of Political Enterpreneurship” bahwa dalam kewirausahaan politik terdapat tiga pendekatan yaitu public choice, alertness & discovery, dan new institutionalism. Penelitian ini membahas tentang gagasan program kampanye One Kelurahan One Jejaring (OK-OJ) yang dibuat oleh Ernanto Djoko Purnomo sebagai caleg PKS dalam pemilu legislatif tahun 2019 dengan menggunakan pendekatan alertness & discovery. Program kampanye ini merupakan hasil Ernanto Djoko Purnomo dalam berdiskusi dengan masyarakat tentang permasalahan yang ada di kota Malang yang kemudian dituangkan dalam poin-poin program OK-OJ. Program ini menjadi program unggulan untuk meraih suara maksimal pada pileg 2019 di kota Malang. Jenis kampanye ini merupakan salah satu bentuk kampanye creative politics dengan harapan kampanye ini berdampak positif bagi caleg dan masyarakat. Studi ini juga menemukan fakta baru yaitu meskipun mendapatkan respon positif dari masyarakat, namun pada kenyataannya gagasan kampanye OK-OJ belum dapat memenangkan caleg Ernanto Djoko Purnomo dalam pemilu legislatif 2019 di kota Malang.

English Abstract

This research, which uses a qualitative approach with a case study method, analyzes the practice of political entrepreneurship in the 2019 legislative election campaign in Malang. This study aims to explore the practice of political entrepreneurship in legislative election campaigns. According to Matthew McCaffery and Joseph T. Salerno in "A Theory of Political Entrepreneurship" that in political entrepreneurship there are three approaches, namely public choice, alertness & discovery, and new institutionalism. This research discusses the idea of the One Kelurahan One Jejaring (OK-OJ) campaign program made by Ernanto Djoko Purnomo as a PKS candidate in the 2019 legislative elections using the alertness & discovery approach. This campaign program is the result of Ernanto Djoko Purnomo in discussing with the public about problems in Malang that are then outlined in the OK-OJ program points. This program is the flagship program to achieve maximum votes in the 2019 legislative election in Malang. This type of campaign is one form of creative politics campaign in the hope that this campaign will have a positive impact on candidates and the public. This study also found a new fact that despite getting a positive response from the community, in reality the idea of the OK-OJ campaign has not been able to win the candidate Ernanto Djoko Purnomo in the 2019 legislative elections in Malang.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/760/051908179
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Politik, Kampanye, Pemilu, Kota Malang, Political Entrepreneurship, Campaigns, Elections, Malang City
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.9 History and geographic treatment of elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:37
Last Modified: 18 Oct 2022 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174916
[thumbnail of Muhammad Reynanda Putra Sugiharto.pdf] Text
Muhammad Reynanda Putra Sugiharto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item