Strategi Irai Hyougen dalam Anime Violet Evergarden Karya Sutradara Taichi Ishidate

Syifa’, Fiyna Noor (2019) Strategi Irai Hyougen dalam Anime Violet Evergarden Karya Sutradara Taichi Ishidate. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam bahasa Jepang terdapat berbagai macam ungkapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam komunikasi verbal maupun tertulis. Salah satunya yaitu ungkapan permintaan atau dalam bahasa Jepang disebut dengan irai hyougen. Perngertian dari irai hyougen adalah ekspresi yang menyatakan permintaan kepada orang lain agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara dimana pembicara mendapatkan keuntungan apabila lawan bicara melakukan kehendak si pembicara, serta tidak adanya unsure paksaan dari pembicara. Tentu saja dalam mengungkapkan permintaan dibutuhkan strategi atau tidak tergantung dari isi permintaan tersebut. Sehingga dalam penelitian ini penulis meneliti tentang penggunaan strategi dan pola irai hyougen yang terkandung dalam anime Violet Evergarden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anime Violet Evergarden yang dianalisis untuk mengetahui strategi dan pola irai hyougen yang digunakan. Jumlah data yang ditemukan ada 65 buah data. Strategi irai hyougen yang dipakai dalam anime Violet Evergarden merupakan sebuah data yang menggunakan strategi yobikake, jijou setsumei, dan mae-oki. Kemudian menggunakan strategi yobikake dan jijou setsumei dengan jumlah 12 buah data. Selanjutnya dengan menggunakan strategi yobikake dan mae-oki sebanyak 1 buah data, dan dengan strategi jijou setsumei dan mae-oki sebanyak 2 data. Adapun dengan menggunakan strategi yobikake saja sebanyak 15 data, strategi jijou setsumei berjumlah18 data, dan strategi mae-oki sebanyak 2 data. Selain strategi-strategi yang digunakan diatas, ada pula yang tidak menggunakan strategi, yaitu sebanyak 14 buah data.

Other obstract

日本語では、日常生活に使用されている表現が多くあり、口頭語でも文章 体でも含まれる。その1 つは依頼表現という表現である。依頼表現というの は人に何かをするかしないよう頼むこと、話し手には利益を与えること、聞 き手にも無理押しはないこと、という表現である。無論、依頼表現は内容次 第で様々なストラテジーが必要とされている。 そのため、本稿では『ヴァイオレット・エヴァーガーデン』というアニメ における依頼表現のストラテジーや文型について考察する。 本研究では、質的な記述方法という研究方法を使用する。そして、分析さ れる研究対象は、『ヴァイオレット・エヴァーガーデン』における依頼表現 のストラテジーや文型を考慮した。 本稿の結果としては、65 データが発見され、様々な依頼表現のストラテジ ーを使用される。それは、呼びかけ・事情説明・前置きを使用されているデ ータは1 つあり、呼びかけ・事情説明を使用されているデータは12 個ある。 そして呼びかけ・前置きを使用されるデータも1 つあり、事情説明・前置き を使用されるデータは2個ある。更に、呼びかけを使用されるデータは15 個あり、事情説明を使用されるデータは18 個あり、前置きを使用されるデー タは2 個ある。それだけでなく、ストラテジーを使用されていないデータは 14 個も認められた。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/19/051908541
Uncontrolled Keywords: irai hyougen, jijou setsumei, mae-oki, strategi, yobikake
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:44
Last Modified: 04 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174914
[thumbnail of FiynaNoor Syifa'.pdf] Text
FiynaNoor Syifa'.pdf

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item