Perlindungan Hukum Terhadap Pemilik Merek Dagang Terkenal Terkait Perdagangan Barang Yang Menggunakan Merek Tanpa Hak Pada Situs Jual Beli Online Di Indonesia

Yunita, Irliananda Cahya (2019) Perlindungan Hukum Terhadap Pemilik Merek Dagang Terkenal Terkait Perdagangan Barang Yang Menggunakan Merek Tanpa Hak Pada Situs Jual Beli Online Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai pelanggaran atas Merek Terkenal terkait perdagangan barang yang menggunakan merek tanpa hak pada situs jual beli online di Indonesia. Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh keberadaan aturan mengenai Merek Terkenal dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan Penyelenggaraan Sistem Elektronik dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pemilik merek dagang terkenal terkait perdagangan barang yang menggunakan merek tanpa hak pada situs jual beli online di Indonesia ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Bagaimana tanggung jawab hukum pihak penyelenggara sistem elektronik terkait perdagangan barang yang menggunakan merek tanpa hak pada situs jual beli online di Indonesia ditinjau dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian hukum normatif ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan analisis (analytical approach). Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh melalui melalui studi kepustakaan dan media internet. Bahan hukum yang telah diperoleh, dianalisis menggunakan metode interpretasi sistematis sehingga dapat mengolah bahan-bahan hukum tertulis untuk mendapatkan gambaran umum dari penelitian dan menggunakan metode interpretasi gramatikal sehingga istilah-istilah yang terdapat dalam Undang-Undang dapat ditafsirkan. Berdasarkan pembahasan, diperoleh hasil bahwa terkait perdagangan barang yang menggunakan merek tanpa hak pada situs jual beli online di Indonesia, pemilik merek dagang terkenal dapat dilindungi dengan adanya perlindungan hukum secara preventif dan represif dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis serta dapat dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan memperhatikan Batasan dan Tanggung Jawab Penyedia Platform yang diatur dalam Surat Edaran Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2016 Tentang Batasan Dan Tanggung Jawab Penyedia Platform Dan Pedagang (Merchant) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (Electronic Commerce) Yang Berbentuk User Generated Content.

English Abstract

In this study, the authors raised the issue of violations of Famous Trademarks Related To Trade Goods Using Trademarks Without Rights Indonesian Online Trading Sites. This problem is motivated by the existence of rules regarding Famous Brands in Law Number 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications and Implementation of Electronic Systems in Law Number 11 Year 2008 concerning Information and Electronic Transactions. Based on this, the formulation of the problem in this thesis is the form of legal protection for famous trademarks related to trade goods using trademarks without rights Indonesian online trading sites in terms of Law No. 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications -Anct Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions and How is the legal responsibility of the provider of electronic systems related to the trade in goods using trademarks without rights Indonesian online trading sites in terms of Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions. To answer the above problems, this normative legal research uses a statute approach and an analytical approach. The legal materials used in this study are primary, secondary, and tertiary legal materials obtained through library research and internet media. Legal materials that have been obtained are analyzed using systematic interpretation methods so that they can process written legal materials to get a general picture of the research and use grammatical interpretation methods so that the terms contained in the Act can be interpreted. Based on the discussion, the results are obtained that related to trade in goods that use trademarks without rights on online buying and selling sites in Indonesia, owners of well-known trademarks can be protected by the existence of preventive and repressive legal protection with Law Number 20 Year 2016 concerning Marks and Geographical Indications and can be protected by Law Number 11 Year 2008 Regarding Information and Electronic Transactions by taking into account Platform Limits and Responsibilities as stipulated in Circular Letter of the Minister of Communication and Information of the Republic of Indonesia Number 5 of 2016 concerning Limits and Responsibilities of Platform Providers and Merchants Trade Through Electronic Systems (Electronic Commerce) In the Form of User Generated Content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/360/051908458
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.048 Intangible property > 346.048 8 Trademarks
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:35
Last Modified: 07 Jun 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174893
[thumbnail of Irliananda Cahya Yunita (2).pdf] Text
Irliananda Cahya Yunita (2).pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item