Budaya Populer Idol Sebagai Bentuk Soft Power Jepang Pada Acara Jogja Idol Festival

Pratama, Denny Wahyu Putra (2019) Budaya Populer Idol Sebagai Bentuk Soft Power Jepang Pada Acara Jogja Idol Festival. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Soft Power merupakan kemampuan untuk mendapat hal yang diinginkan melalui daya tarik daripada tekanan maupun paksaan. Soft power merupakan bentuk dari cultural diplomacy dalam ranah diplomasi publik antar negara. Jepang memiliki sumber soft power yang potensial untuk menyebarkan pengaruhnya, salah satunya adalah idol. Idol sebagai budaya populer Jepang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Kepopuleran idol Jepang di Indonesia telah menciptakan sebuah acara di Yogyakarta bernama Jogja Idol Festival. Penelitian ini akan meneliti pengaruh budaya populer idol dalam acara Jogja Idol Festival sebagai bentuk soft power Jepang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori soft power sebagai landasan utama. Metode yang digunakan adalah kualitatif, serta dilakukan wawancara tidak terstruktur dengan pendiri acara Jogja Idol Festival sekaligus melakukan observasi partisipasi dalam acara tersebut. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya populer idol merupakan soft power bagi Jepang dalam menjalankan diplomasi budaya. Idol sebagai soft power dinilai telah berhasil membawa citra positif Jepang sebagai negara yang dekat dengan hati masyarakat Indonesia, dengan diadakannya acara Jogja Idol Festival.

Other obstract

インドネシアにある日本のソフトパワーの証明として、ジョグジャアイ ドルフェスティバルのイベントにおけるアイドル大衆文化の影響である。 ソフトパワーとは、強制ではなく魅力を通して、欲しいものを手に入れ る能力である。ソフトパワーは国家間の公的外交の文化的外交である。日本は影 響力を広めるためにソフトパワーの潜在的な資源を持っています、そのうちの一 つはアイドルである。日本の大衆文化として、アイドルはインドネシアによく多 くのファンを持っている。インドネシアでの日本のアイドルの人気はジョグジャ カルタでジョグジャアイドルフェスティバルという名前のイベントを設立した。 この研究は、インドネシアにある日本のソフトパワーの証明として、ジョグジャ アイドルフェスティバルのイベントにおけるアイドル大衆文化の影響に焦点を当 てる。 この研究はソフトパワーの理論を使用している。調査方法は定性的であ り、ジョグジャアイドルフェスティバルイベントの創設者への非構造化インタビ ューを使用するとともに、イベントへのデータ収集を支援するために観察参加を 使用する。 研究の結果、アイドルは日本の文化外交にとってはソフトパワーである。 ジョグジャアイドルフェスティバル通じてアイドルはソフトパワーを持たせて、 インドネシア人の心に近い友人としての日本のイメージを表す。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/130/051908610
Uncontrolled Keywords: Soft Power, Idol, Cultural Diplomacy, Cool Japan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:39
Last Modified: 18 Oct 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174863
[thumbnail of Denny Wahyu Putra Pratama.pdf] Text
Denny Wahyu Putra Pratama.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item