Pengaruh Media Sosial Instagram @UNKL347 Terhadap Brand Equity

Fauzan, Moch Rio (2019) Pengaruh Media Sosial Instagram @UNKL347 Terhadap Brand Equity. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi semakin berkembang dengan pesat hal ini memudahkan untuk berbagi dan mengakses informasi. Teknologi informasi yang sering digunakan oleh masyarakat adalah media sosial. Saat ini media sosial menjadi alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan, perusahaan harus melakukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor. Persaingan usaha yang terjadi di Jalan Trunojoyo Bandung sangat ketat hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang yang sama yaitu distro. Semakin ketatnya persaingan yang terjadi perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran dengan semenarik mungkin untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Salah satu distro yang memanfaatkan fasilitas media sosial instagram adalah UNKL347 melalui akun media sosial instagramnya @UNKL347, UNKL347 membagikan informasi seputar UNKL347, update produk terbaru dan diskon. Media sosial instagram @UNKL347 membantu meningkatkan penjualan UNKL347 dari tahun ketahun. Dalam pengoperasian media sosial instagram ada empat prinsip diantaranya adalah contex, communication, collaboration dan connection. UNKL347 dapat meningkatkan brand equity melalui promosi menggunakan media sosial instagram. Brand equity merupakan aset penting bagi perusahaan yang mencakup brand awareness, brand association, brand loyalty, dan perceived quality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif planation survey dengan pendekatan kuantitatif yaitu metode yang digunakan untuk meneliti hubungan antara kedua variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana sample yang diambil memiliki kriteria, kriteria dalam sample ini adalah followers akun instagram @UNKL347. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara langsung dengan manager store UNKL347, dan menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 100 orang followers akun instagram @UNKL347 dengan menggunakan skala likert. Persamaan analisis regresi sederhana pada penelitian ini adalah Y= 15,067 + 1,576X. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif media sosial instagram @UNKL347 terhadap brand equity UNKL347 sebesar 48,2% sedangkan 51,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

English Abstract

Technology is growing rapidly, this makes it easy to share and access information. Information technology that is often used by the public is social media. Nowadays social media is a marketing tool used by companies, companies must make the right marketing strategies in order to compete with competitors. Business competition that occurs in Jalan Trunojoyo Bandung is very strict because there are many companies engaged in the same field, namely distros. The more intense competition that occurs companies are required to implement marketing strategies with as attractive as possible to be able to compete with competitors. One distribution that utilizes Instagram social media facilities is UNKL347 through its Instagram social media account @ UNKL347, UNKL347 shares information about UNKL347, the latest product updates and discounts. The social media instagram @ UNKL347 helps increase sales of UNKL347 from year to year. In the operation of Instagram social media there are four principles including contex, communication, collaboration and connection. UNKL347 can increase brand equity through promotion using Instagram social media. Brand equity is an important asset for companies that includes brand awareness, brand association, brand loyalty, and perceived quality. The method used in this study is a descriptive method of planation survey with a quantitative approach that is a method used to examine the relationship between the two variables. The sample in this study were 100 respondents using a sampling technique that was purposive sampling where the samples taken had criteria, the criteria in this sample were followers of the Instagram account @ UNKL347. Data collection conducted in this study was to conduct interviews directly with the UNKL347 store manager, and distribute questionnaires through google form to 100 people followers of the Instagram account @ UNKL347 using the Likert scale. The simple regression analysis equation in this study is Y = 15,067 + 1,576X. Based on the results of this study indicate that the positive influence of @ UNKL347 social media instagram on UNKL347 brand equity was 48.2% while 51.8% was influenced by other factors not examined in this study.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/799/051909732
Uncontrolled Keywords: Distro, media sosial instagram, brand equity, Distro, social media instagram, brand equity
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2020 06:26
Last Modified: 02 Oct 2020 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174813
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item