Hubungan Fungsi Nilai Dengan Kepuasan Pada Relawan Di Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya Malang

Putri, Asfi Manzilah (2019) Hubungan Fungsi Nilai Dengan Kepuasan Pada Relawan Di Pusat Studi Dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi nilai dengan kepuasan relawan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif yang tergabung dalam pendamping PSLD yang telah lulus on the job training selama tiga bulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-random sampling, dengan jumlah sampel penelitian adalah 65 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah sub skala fungsi nilai pada Volunteer Function Inventory (VFI) untuk mengukur fungsi nilai dan skala Volunteer Satisfaction Index (VSI) untuk mengukur kepuasan relawan. Analisis data yang digunakan adalah Pearson Product-Moment untuk menguji korelasi antara kedua variabel yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara fungsi nilai dengan kepuasan relawan (r =0.478, p<0.05 ).

English Abstract

This study aims to determine the relationship between the value function and volunteer satisfaction at the Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) of Brawijaya University. Respondents in this study are active students who are members of a PSLD companion who have passed on the job training for three months. The sampling technique used was non-random sampling, with the number of study samples was 65 respondents. The method used in this research is quantitative correlational. The scale used in this study is the value function sub-scale on the Volunteer Function Inventory (VFI) to measure the value function and the Volunteer Satisfaction Index (VSI) scale to measure volunteer satisfaction. Analysis of the data used is Pearson Product-Moment to test the correlation between the two variables studied. The results in this study are that there is a positive relationship between the value function and volunteer satisfaction (r = 0.478, p <0.05).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/790/051908209
Uncontrolled Keywords: fungsi nilai, kepuasan, relawan, satisfaction, value function, volunteer
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses; people with disabilities and illnesses, gifted people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:33
Last Modified: 19 May 2022 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174774
[thumbnail of Asfi Manzilah Putri.pdf] Text
Asfi Manzilah Putri.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item