Mitos Perempuan Cantik pada Konten Youtube Beauty Vlogger Tasya Farasya

Noorindasari, Geovenda Mareta (2019) Mitos Perempuan Cantik pada Konten Youtube Beauty Vlogger Tasya Farasya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konten video beauty vlog dibawakan oleh seseorang perempuan yang disebut sebagai beauty vlogger. Konten video yang dibawakan oleh beauty vlogger bernama Tasya Farasya dapat berpengaruh terhadap kriteria kecantikan perempuan di Indonesia. Sehingga, kriteria tersebut membentuk sebuah mitos pada masyarakat. Kecantikan menjadi sebuah persaingan yang berujung kepada suatu permasalahan bahwa tubuh perempuan menjadi objek komersial pada industri kecantikan serta perempuan. Dengan begitu tubuh perempuan dipaksa untuk tunduk dan patuh terhadap sebuah aturan norma dan nilai kecantikan yang berlaku di masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menggunakan teori semiotika milik Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan cara observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Tasya Farasya membuat sebuah mitos mengenai perempuan cantik berdasarkan kecantikan perempuan barat

English Abstract

Beauty vlog video content is delivered by a woman called beauty vlogger. Video content delivered by a beauty vlogger named Tasya Farasya can influence the criteria of female beauty in Indonesia. Thus, these criteria form a myth in society. Beauty becomes a competition which leads to a problem that women's bodies become commercial objects in the beauty industry and women. In this way, women's bodies are forced to submit to and obey the rules of norms and beauty values that apply in society. Based on this background, researchers used Roland Barthes's theory of semiotics. The method used in this research is descriptive qualitative method with Roland Barthes's semiotic approach. Data collection methods used by researchers by observation, and literature study. The results of this study can be seen that Tasya Farasya makes a myth about beautiful women based on the beauty of western women

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/785/051908204
Uncontrolled Keywords: Youtube, Beauty Vlogger, Semiotika, Mitos Perempuan Cantik, Youtube, Beauty Vlogger, Semiotics, Myth of Beautiful Women
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms > 303.372 Belief systems and customs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:34
Last Modified: 19 May 2022 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174766
[thumbnail of Geovenda Mareta Noorindasari.pdf] Text
Geovenda Mareta Noorindasari.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item