Analisis Pengendalian Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Usaha Mengatisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara(Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri)

Sulistyaningsih, Dwi (2017) Analisis Pengendalian Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Usaha Mengatisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara(Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap masyarakat memiliki kegiatan konsumsi yang mau tidak mau harus terpenuhi dan ketika hal ini tidak terpenuhi akhibat perekonomian yang dimiliki dirasa kurang maka akan menimbulkan masalah. Salah satu kebutuhan masyarakat yang sering kali tidak terpenuhi yakni tempat tinggal atau rumah. Bank Tabungan Negara (BTN) yang bekerjasama dengan pemerintah memiliki program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kelebihan dan kekurangan dalam penyaluran kredit harus dilakukan pengendalian untuk mengantisipasi terjadinya kredit bermasalah. Penelitian ini berfokus pada pengendalian pemberian KPR pada proses permohonan kredit, analisis kredit, penarikan kredit dan pemantauan kredit serta kredit bermasalah dengan menggunakan : rasio Non Performing Loan (NPL) dan metode penyelamatan kredit bermasalah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan unsur-unsur pengendalian pemberian Kredit Pemilikan Rumah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri mulai dari personil yang kompeten dan dapat dipercaya, hingga pada pemantauan atau pengawasan kredit telah dijalankan dengan baik. Namun, pada pemisahan tugas yang memadai masih belum terlaksana dengan maksimal. Pada kredit macet dari dari tiga tahun terakhir mengalami penurun pada jumlah debitur, hal tersebut menandakan bahwa kesadaran debitur untuk melakukan pelunasan meningkat. Pada hasil laporan Non Performing Loan (NPL) PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri menunjukkan pada tahun 2014-2016 jumlah NPL masih mengalami naik dan turun, hal tersebut karena banyaknya jumlah debitur yang belum melakukan pembayaran angsuran kredit tiap bulannya dan melakukan tunggakan kredit. Penerapan penyelesaian kredit bermasalah yang telah dilakukan perusahaan pada metode kombinasi belum dsering dilakukan karena para debitur cenderung memilih metode reschedulling, reconditioning, dan restructuring dalam pelaksanaan penyelesaian.

English Abstract

Every community has a consumption activity inevitably must be fulfilled and when it is not being met akhibat owned economy is reasonably less then it will cause problems. One of the needs of the community which are often not met i.e., residence or home. The Bank Tabungan Negara (BTN) in cooperation with the Government has a program of Mortgages (MORTGAGES). Advantages and disadvantages in channeling credit to do control to anticipate the occurrence of bad debt. This research focuses on the control of granting MORTGAGE credit application process, credit analysis, credit withdrawals and monitoring credit and bad debt using: the ratio of Non Performing Loan (NPL) and rescue troubled credit method. This type of research using qualitative research. In this study data collection used is interviews and the documentation. This research showed that the application of the control elements are administering Mortgages PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Branch offices of Kediri ranging from personnel who are competent and trustworthy, to monitoring or supervision of credit has been executed well. However, adequate separation of duties on still not done with the maximum. On bad debts from the last three years suffered a loss in the amount of the debtor, it would indicate that awareness of the debtor to repay increases. Report on the results of the Non Performing Loan (NPL) of the PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Branch offices of Kediri showed in 2014-2016 number of NPL is still experiencing ups and downs, it is due to the large number of debtors who have not made payment of installment credit every month and do credit arrears. The application of the resolution of bad debt that the company has done on a combination of methods has not been carried out because the dsering debtors tend to choose the method reschedulling, reconditioning, and restructuring in the implementation of the settlement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/562/051707715
Uncontrolled Keywords: Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Bermasalah, Pengendalian Kredit.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:26
Last Modified: 04 Aug 2020 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1747
[thumbnail of Bagian depan.pdf] Text
Bagian depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Actions (login required)

View Item View Item