Hypnodontia sebagai Bentuk Komunikasi Terapeutik dalam Upaya Mengurangi Kecemasan Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dokter gigi yang menerapkan Hypnodontia)

Amelia, Gatari (2019) Hypnodontia sebagai Bentuk Komunikasi Terapeutik dalam Upaya Mengurangi Kecemasan Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dokter gigi yang menerapkan Hypnodontia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dokter memiliki peran sebagai pemenuh kebutuhan pasien dan memiliki peran yang penting terhadap permasalahan yang dialami oleh pasien. Salah satu permasalahan yang dialami oleh pasien salah satunya adalah kecemasan. Tidak jarang ditemui adanya pasien yang mengalami kecemasan saat akan melakukan tindakan pengobatan khususnya pengobatan gigi dan mulut. Salah satu penyebab adanya kecemasan adalah pengalaman buruk pasien terhadap dokter gigi. Kecemasan yang dialami oleh pasien dokter gigi ini dapat diminimalisir oleh dokter gigi melalui hypnodontia. Hypnodontia adalah bentuk komunikasi terapeutik dalam kajian kedokteran gigi. Cara kerja hypnodontia adalah memanfaatkan pikiran bawah sadar pasien dengan sugesti-sugesti yang diberikan oleh dokter gigi. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dan data dari penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam pada dokter gigi yang menerapkan hypnodontia. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Desember 2018-Mei 2019. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hypnodontia sebagai komunikasi terapeutik pada kajian kedokteran gigi dikatakan efektif untuk mengurangi kecemasan pasien. Dalam proses hypnodontia terdapat peranan komunikasi verbal dan non verbal yang dilakukan dokter gigi pada pasien. Bentuk komunikasi verbal dan non verbal ini juga dapat mengidentifikasikan kecemasan yang dialami oleh pasien. Hypnodontia diterapkan pada pasien yang memiliki tingkat kecemasan dental fear, dental phobia dan dental anxiety.

English Abstract

Doctors have an important role as fulfilling the needs of patients and the problems experienced by patients. One of the problems experienced by patients is anxiety. It is not uncommon to find patients who experience anxiety when going to take medical treatment, especially dental and oral treatment. An example of the cause of anxiety is the patient's bad experience with the dentist. Anxiety experienced by dentist patients can be minimized by the dentist through hypnodontia. Hypnodontia is therapeutic communication in dental studies that can reduce patient anxiety. The way hypnodontia works is to utilize the patient's subconscious mind with suggestions given by the dentist. This research was descriptive qualitative and the data from this study were obtained from in-depth interviews with dentists who applied hypnodontia. This research was conducted from December 2018-May 2019. The results of this study found that hypnodontia as therapeutic communication in dental studies was said to be effective in reducing patient anxiety. In the hypnodontic process there is verbal and non verbal communication performed by the dentist in the patient. Verbal and non verbal communication can also identify patient anxiety. Hypnodontia is applied to patients with anxiety type dental fear, dental phobia and dental anxiety

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/840/051908258
Uncontrolled Keywords: dokter gigi-pasien, hypnodontia, kecemasan, komunikasi terapeutik, anxiety, dentist-patient, hypnodontia, therapeutic communication
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:38
Last Modified: 18 Jan 2022 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174586
[thumbnail of Gatari Amelia.pdf]
Preview
Text
Gatari Amelia.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item