Diskriminasi Gender dalam Pendidikan Perempuan di Zaman Meiji pada Drama Yae no Sakura Episode 31-50 Karya Sutradara Taku Kato, Masae Ichiki, Takuya Shimizu, Yoshiharu Sasaki, Hajime Suenaga, dan Ryohei Nakano

Rahmasari, Fediari Dila (2019) Diskriminasi Gender dalam Pendidikan Perempuan di Zaman Meiji pada Drama Yae no Sakura Episode 31-50 Karya Sutradara Taku Kato, Masae Ichiki, Takuya Shimizu, Yoshiharu Sasaki, Hajime Suenaga, dan Ryohei Nakano. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diskriminasi gender adalah suatu perlakuan berbeda terhadap individu berdasarkan jenis kelamin. Diskriminasi gender sering dialami oleh perempuan. Diskriminasi gender dapat ditemukan di berbagai karya sastra tidak terkecuali dalam drama Yae no Sakura. Permasalahan yang diteliti dalam drama Yae no Sakura yaitu bentuk-bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam pendidikan di zaman Meiji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teori diskriminasi untuk mengetahui bentuk-bentuk diskriminasi gender menurut Mansour Fakih. Hasil penelitian ini ditemukan tiga bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam bidang pendidikan di zaman Meiji pada drama Yae no Sakura yaitu: marginalisasi, subordinasi, dan stereotip. Munculnya bentuk-bentuk diskriminasi tersebut masih memiliki hubungan dan pengaruh satu sama lain dan juga memiliki kaitan dengan cara pandang masyarakat Jepang yang masih menggunakan ideologi patriarki. Ideologi ini mengakibatkan pembatasan hak bagi perempuan untuk menentukan hidupnya termasuk untuk pendidikan. Hal tersebut dikarenakan anggapan dalam masyarakat Jepang dimana kedudukan perempuan lebih rendah dari laki-laki sehingga perempuan tidak mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki.

Other obstract

男女差別とは、性別に基づいて個人にとって異なる治療法である。男女差別は女性によく見られる。ドラマ『八重の桜』をはじめとするさまざまな文学作品に男女差別が見られる。『八重の桜』劇で検討された問題は、明治時代の教育における女性に対する男女差別の一形態である。 この研究は、マンソウルファキーによる、男女差別理論を用いた記述的な分析方法を用いて男女差別の形態を調べている。 この研究の結果は、ドラマ『八重の桜』における明治時代の教育分野の女性に対する三つの形態の男女差別、すなわち周縁化、従属、ステレオタイプを発見して。これから、形態の差別の出現は、まだ互いに関係と影響を及ぼしており、また家父長制的イデオロギーを依然として使用している日本人の見方と関係がある。このイデオロギーは、教育を含む女性の生活を決定する女性の権利に対する制限をもたらしている。これから、女性が男性と同じ権利を得られないように、女性の位置が男性より低いという日本社会の仮定によるものである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/41/051908563
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi Gender, Zaman Meiji, Pendidikan, Drama, Marginalisasi, Subordinasi, Stereotip
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Oct 2020 04:40
Last Modified: 29 Feb 2024 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174448
[thumbnail of Fediari Dila Rahmasari.pdf] Text
Fediari Dila Rahmasari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item