Sumarto, Alexis Suryo (2019) Analisis Strategi Bersaing Pada Rumah Makan Warung Mungil Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Warung Mungil Kota Malang sebagai dasar perumusan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal untuk menghasilkan strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh Warung Mungil Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis bersaing melalui tiga tahap yaitu tahap input, pencocokan, dan keputusan. Tahap input terdiri dari matriks EFE, IFE dan analisis Lima Kekuatan Porter. Tahap pencocokan terdiri dari Matriks IE dan analisis SWOT. Tahap keputusan terdiri dari Matriks QSPM. Hasil dari analisis EFE menunjukan Warung Mungil kurang dalam memanfaatkan peluang dan kurang dalam meminimalisir ancaman. Hasil dari analisis IFE menunjukan Warung Mungil bisa memanfaatkan sumber daya internal yang dimiliki. Berdasarkan analisis data Matriks CPM, Warung Mungil memiliki nilai yang tertinggi yakni dengan total skor 2,80. Hal ini menjelaskan bahwa Warung Mungil memiliki daya saing yang kuat antara persaingan restoran dalam faktor variasi menu, dan lokasi. Hasil dari analisis IE menunjukan Warung Mungil berada di sel V (lima) disarankan menggunakan Strategi Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk. Hasil dari analisis SWOT Warung Mungil berada pada kuadran I (satu) alternative strategi yang cocok adalah Strategi Agresif dan Strategi SO. Hasil dari Analisis QSPM Warung Mungil menghasilkan strategi akhir yaitu Strategi Penetrasi Pasar.
English Abstract
This descriptive qualitative study aims to identify the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of Warung Mungil in Malang City using case study approach. The results of the identification will be used as the basis for internal and external environmental analysis, from which the appropriate competitive strategy for the restaurant is determined. The competitive strategy analysis was done through three stages: input, matching, and decision. The data was collected from interviews, documentation, and observation. The input stage consist if EFE and IFE matrix and Porter’s Five Force alaysis, the matching stage consist of IE matrix and SWOT analysis, and the decision stage consist of the QSPM matrix. The results of the EFE analysis show that Warung Mungil does not have many opportunities and does not anticipate threat well. The results of the IFE analysis show that the company can take advantage of its internal resources. The result of the IE analysis show that company in in the fifth cell, so it is recommended to apply market penetration and product development. The result of the SWOT analysis show that the company is in the first quadrant, so the alternate strategies are aggressive and SO strategy. The QSPM analysis indicate that the final strategy for the company is market penetration.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FEB/2019/382/051907963 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bersaing, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks CPM, Matriks IE, Analisis SWOT, Matriks QSPM, Competing Strategy, EFE Matrix, IFE Matrix, IE Matrix, SWOT Analysis, QSPM Matrix |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 06:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 06:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174440 |
Actions (login required)
View Item |