Realisme Magis pada Sindrom Pubertas dalam Anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai Karya Souichi Masui

Cahyanti, Rika Dewi (2019) Realisme Magis pada Sindrom Pubertas dalam Anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai Karya Souichi Masui. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Realisme magis merupakan sebuah istilah dalam dunia sastra yang menggabungkan antara yang nyata atau realistis dan yang khayal atau magis. Seiring dengan banyaknya jenis sastra, di Jepang realisme magis juga terdapat dalam bentuk animasi atau anime dengan judul Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai karya sutradara Souichi Masui. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana penggambaran karakteristik realisme magis pada fenomena sindrom pubertas dalam anime tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis penggambaran karakteristik realisme magis. Data penelitian diperoleh dari anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai dengan menganalisi narasi, dialog dan screenshot. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran karakteristik realisme magis pada sindrom pubertas dapat ditemukan pada tokoh Sakurajima Mai, Azusagawa Kaede, Azusagawa Sakuta, Koga Tomoe, Futaba Rio, dan Toyohama Nodoka sebagai tokoh yang mengalami sindrom pubertas, Prefektur Kanagawa di Jepang sebagai latar dunia pada anime, pendapat ilmiah tokoh Futaba Rio, adanya dokter dan ilmu kedokteran pada fenomena sindrom pubertas, kekacauan pengulangan waktu yang dialami tokoh Koga dan Sakuta, munculnya dua tokoh Futaba, serta pertukaran tubuh yang dialami tokoh Nodoka dan Mai. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa kelima karakteristik realisme magis dapat ditemukan pada sindrom pubertas. Namun, karena sindrom pubertas bukan berasal dari kepercayaan masyarakat, sehingga kadar realisme magis dalam anime Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume o Minai tidak dapat digolongkan sebagai salah satu karya realisme magis.

English Abstract

-

Other obstract

魔法のリアリズムは、現実または現実的と想像上または魔法を組み合わせた文学の世界における用語である。 文学の多くのタイプと一緒に、日本では魔法のリアリズムもタイトルの『青春ブタ野郎はバニーガール先輩の夢を見ない』でアニメやアニメの形で存在する。 本研究は、増井 壮一監督による『青春ブタ野郎はバニーガール先輩の夢を見ない』で思春期症候群の現象における魔法のリアリズムの特徴の描写がいかに答えるかを答えることを目的とする。 この研究では、記述的な定性的方法を使って、魔法のリアリズムの特徴の描写を分析する。 研究データは、ナレーション、会話、スクリーンショットを分析することによって、「青春ブタ野郎はバニーガール先輩の夢を見ない」から得たものである。 本研究の結果は思春期症候群における魔法のリアリズムの特徴の記述が思春期症候群を経験する人物として、桜島 麻衣、梓川 かえで、梓川 咲太、古賀 朋絵、双葉 理央、豊浜 のどかに見られることを示して、アニメの世界背景として日本で神奈川県、双葉 理央からの科学的意見、思春期症候群の現象における医師と医学の存在、古賀と咲太が経験した時間の繰り返し、双葉の二人の姿、 そして、のどかと麻衣が経験した体の交換である。大まかに言えば、それは魔法のリアリズムのいつつの特徴が思春期症候群に見られることを意味することができる。 しかし、思春期症候群は公共の信頼から派生したものではないため、アニメ『青春ブタ野郎はバニーガール先輩の夢を見ない』の魔法のリアリズムのレベルは魔法のリアリズムのひとつとして分類することはできない。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/35/051908557
Uncontrolled Keywords: Anime Seishun Buta Yarou, Realisme Magis, Sindrom Pubertas
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:46
Last Modified: 29 Feb 2024 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174437
[thumbnail of Rika Dewi Cahyanti.pdf] Text
Rika Dewi Cahyanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item