Pengaruh Situs Belajar Online BondLingo Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang (Studi Kasus Pada Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Jepang)

Dewi, Yacinta Elsanella Kurnia (2019) Pengaruh Situs Belajar Online BondLingo Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang (Studi Kasus Pada Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Jepang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia pendidikan, terutama Bahasa Jepang, teknologi digunakan sebagai media pembelajaran, contohnya ialah e-learning. Salah satu bentuknya berupa situs belajar online seperti situs belajar online BondLingo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh situs belajar online BondLingo terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa Kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang di SMA Negeri 6 Malang, serta untuk mengetahui perbedaan hasil antara siswa yang menggunakan situs belajar online BondLingo dengan siswa yang tidak menggunakan situs belajar online BondLingo. Penelitian ini menggunakan teori tentang media pembelajaran, e-learning, dan situs belajar online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eskperimen kuasi. Data yang diperoleh berupa hasil pretest-posttest kosakata bahasa Jepang tentang materi kata sifat dan waktu. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode statistik deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan data yang telah terkumpul tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan situs belajar online BondLingo tidak terlalu memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa Kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang. Dapat dilihat pada jumlah rata-rata kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan dari 68,333 menjadi 69,444, namun angka tersebut bukan angka yang signifikan untuk rata-rata kelulusan mata pelajaran Bahasa Jepang di SMA Negerti 6 Malang. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan antara siswa yang menggunakan situs belajar online BondLingo dengan siswa yang tidak menggunakan situs belajar online BondLingo. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata kelompok eksperimen yang meningkat sebesar 1,111 dan rata-rata kelompok kontrol yang menurun sebesar 7,222.

English Abstract

-

Other obstract

技術は日本語の教育で学習媒体として使用されています。例はオンライン学習サイトである。オンライン学習サイトの例はBondLingoである。本研究の目的は日本語の語彙の習得に対する‘BondLingo’オンライン学習サイトの影響を知り記述することであり、BondLingo’オンライン学習サイトを使用した生徒とBondLingo’オンライン学習サイトを使用しなかった生徒のテストの結果の違いを知るためである。 本研究で学習メディアとeラーニングとオンライン学習サイトの理論を使いました。使った分析は準実験によって定量分析である。データ収集方法としては形容詞や時間についての語彙プレテストポステストの結果である。本研究では記述統計方法を使いました。目的は結論を一般的に適用することなく、収集したデータを記述します。 研究の結果では‘BondLingo’オンライン学習サイトが日本語のクラブに参加した二年生のための語彙の理解に対してあまり積極的な効果を示していません。結果の平均値によると実験群は平均68,333個から69,444個に増えました。また、‘BondLingo’オンライン学習サイトを使用する生徒と使用しない生徒は区別があります。平均実験群が1,111増加し、平均対照群が7,222減少したことから分かりました。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/76/051908598
Uncontrolled Keywords: e-learning, situs belajar online, penguasaan kosakata bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:37
Last Modified: 19 Feb 2024 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174390
[thumbnail of Yacinta Elsanella Kurnia Dewi.pdf] Text
Yacinta Elsanella Kurnia Dewi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item