Pemahaman Dake Ni dan Dake Atte Oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya

Farida, Dewi Qomariatul (2019) Pemahaman Dake Ni dan Dake Atte Oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti meneliti partikel ‘dake ni’ dan ‘dake atte’. Pada studi pendahuluan yang sebelumnya telah dilakukan oleh peneliti masih banyak responden yang belum memahami makna partikel ‘dake ni’ dan ‘dake atte’, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap makna partikel ‘dake ni’ dan ‘dake atte’ agar tidak menimbulkan kesalahan kedepannya bagi pembelajar Bahasa Jepang dalam menggunakan partikel Bahasa Jepang. Objek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah Bunpou Dai Go sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan gambaran atau fenomena secara alami. Dari hasil penelitian ini, akan menjelaskan mengenai pemahaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya angkatan 2015 terhadap makna dake ni dan dake atte serta memberikan ‘shidou pointo’ atau poin pengajaran agar dapat membantu pengajar dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa kurang dari 50% mahasiswa yang dapat memahami makna dari dake ni dan dake atte. Dari hasil kesimpulan tersebut dapat diketahui bahwa masih banyak mahasiswa yang kurang memahami makna dari dake ni dan dake atte karena masih bingung dengan perbedaan makna atau nuansanya.

English Abstract

-

Other obstract

本研究では、「だけに・だけあって」という助詞を調べる。予備研究による「だけに・だけあって」の理解できなかった回答者がまだ多くから、そこで、研究の目標は助詞の意味について日本語学習者の理解ため、日本語学習者が助詞の意味を将来の間違いないように。 研究対象は、23人を選ばれた文法第五コースを受講した日本語学習者の2015年のブラウィジャヤ大学の学生。 本研究では、自然に現象を描く定性的な記述方法を使う。研究の結果によって、ダケ二・ダケアッテの意味におけるブラウィジャヤ大学の2015年の日本語学習者の理解を説明し、教師が学生の理解を上げるのを助けるために教授ポイントを提供する。 本研究では、「だけに・だけあって」の意味を理解できた学生が50%未満と結論付けられた。この結論の結果によって、たくさん学生はま意味とニュアンスの違いと混同していたので、学生はまだ「だけに・だけあって」の意味の理解できないことがわかる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/75/051908597
Uncontrolled Keywords: Semantik, Dake ni, Dake atte
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:37
Last Modified: 24 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174389
[thumbnail of Dewi Qomariatul Farida.pdf] Text
Dewi Qomariatul Farida.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item