Penerapan Metode HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA

Maulidiah, Bita (2019) Penerapan Metode HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan faktor penghambat metode HOTS dalam pembelajaran bahasa Jepang di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian kelas (Classroom Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipan, dokumentasi, dan wawancara. Data dalam penelitian ini berupa dialog, monolog, serta aktivitas yang berhubungan dengan penerapan metode HOTS dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA yang dianalisis menggunakan teori Arends tentang penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teori Taksonomi Bloom Revisi oleh Anderson & Krathwohl tingkat HOTS pada proses kognitif untuk menjawab rumusan masalah pertama tentang bagaimana penerapan HOTS, serta teori dari Bambang tentang kendala dalam pembelajaran untuk menjawab rumusan masalah kedua tentang faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Jepang Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) model pembelajaran yang digunakan untuk penerapan HOTS sesuai dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pengajar telah melaksanakan metode HOTS sesuai teori Taksonomi Bloom Revisi oleh Anderson & Krathwohl; (2) faktor penghambat yang muncul dalam proses penerapan metode HOTS terdiri dari keraguan guru dalam merencanakan perangkat pembelajaran, perbedaan pemahaman setiap guru dalam memaknai bahan ajar berbasis HOTS, keterbatasan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, fasilitas sekolah yang kurang mumpuni, peserta didik yang cenderung pasif, penguasaan huruf bahasa Jepang peserta didik yang dinilai rendah sehingga menghambat proses evaluasi hasil belajar.

English Abstract

-

Other obstract

本研究は、高校レベルでの日本語学習におけるHOTS 手法の応用と阻害要 因を明らかにすることを目的としている。この研究は、クラスルーム研究 アプローチによる記述的定性的方法を使用します。データ収集技術は、非 参加者の観察、文書化、およびインタビューの方法を使用します。本研究 のデータは、会話、独白、および問題解決型学習の応用に関するArends の理論と、式に答えるための認知過程における分類ブルーム改訂理論を用 いた高校の日本語学習におけるHOTS 手法の応用に関連する活動である最 初の問題は、どのようにHOTS を実装するか、そして日本語学習における 阻害要因についての第二の問題定式化に答えるための学習における障害に ついてのBambang の理論です。 本研究の結果は、(1)HOTS の適用に使用される学習モデルが問題ベース 学習(PBL)学習モデルに一致することを示している。 HOTS 概念の応用 と同様に、講師はAnderson&Krathwohl による理論分類学ブルーム改訂に 従ってHOTS メソッドを実装しました。 (2)HOTS 手法を適用する過程で 生じる阻害要因は、学習装置の計画に対する教師の疑問、HOTS ベースの 教材の解釈における各教師の理解の違い、教材に応じた学習メディアの制 限、不適切な学校施設、不十分な学生からなる。受動的になる傾向があり、 学習成果を評価するプロセスを妨げるように、低いと考えられる学生の日 本語の手紙を習得する。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/66/051908588
Uncontrolled Keywords: HOTS, Bahasa Jepang, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:37
Last Modified: 19 Feb 2024 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174368
[thumbnail of Bita Maulidiah.pdf] Text
Bita Maulidiah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item