Penyimpangan Penggunaan Shuujoshi Dai dan Kai dalam Anime Sen To Chihiro No Kamikakushi

Anggraini, Puspita (2019) Penyimpangan Penggunaan Shuujoshi Dai dan Kai dalam Anime Sen To Chihiro No Kamikakushi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai adanya penyimpangan penggunaan shuujoshi dai dan kai dalam anime Sen To Chihiro No Kamikakushi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penyebab penyimpangan penggunaan shuujoshi dai dan kai dalam anime tersebut. Peneliti menggunakan teori variasi bahasa, teori danseigo dan joseigo, teori shuujoshi dan teori penyimpangan bahasa. Dengan anime Sen To Chihiro No Kamikakushi karya Hayao Miyazaki sebagai sumber data, penelitian ini difokuskan pada penyimpangan penggunaan shuujoshi dai dan kai. Hasil dari penelitian mengenai penyimpangan penggunaan shuujoshi dai dan kai dalam anime Sen To Chihiro No Kamikakushi adalah terdapat 12 data penyimpangan shuujoshi dai serta 12 penyimpangan shuujoshi kai. Penyimpangan tersebut terjadi dikarenakan kondisi penutur yang ingin mempertegas suatu kalimat dan mempengaruhi atau ingin mendekatkan diri dengan lawan bicara. Dari hasil penelitian dapat diketahui alasan penyimpangan penggunaan shuujoshi dai dan kai adalah penutur tokoh wanita ingin mengakrabkan diri dengan lawan bicaranya. Selain itu, penyimpangan juga digunakan ketika tokoh wanita ingin menekan lawan bicara sehingga lawan bicara mau menghargai penutur.

English Abstract

-

Other obstract

この作品では、アニメ 『千と千尋の神隠し』の中の終助詞「だい」と 「かい」の使用について研究する。本研究は、アニメにおける終助詞「だい」 と「かい」の不規則性の原因を調査することを目的としている。研究者は言 語変容の理論、男性語と女性語の理論、終助詞の理論と言語の逸脱の理論を 使用する。宮崎駿の 『千と千尋の神隠し』アニメをデータソースとして、本 研究では終助詞「だい」と「かいの使用に焦点を当てた。 アニメ 『千と千尋のかみかくし』における終助詞「だい」と「かい」 の使用に関する偏差の調査結果は、終助詞だい12 と終助詞かいからの11 の データ偏差だ。これらの逸脱は、文章を強化し、影響を及ぼしたい、または 他の人に近づきたいと思う話者の状態が原因で発生する。調査の結果から、 終助詞「だい」と「かい」を使った逸脱の理由は、彼らの対話者に慣れたい 女性キャラクターの話者であることがわかる。さらに、他の人が話者を尊重 したいように、女性キャラクターが他の人に圧力をかけたいときにも、不規 則性が用いられる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/65/051908587
Uncontrolled Keywords: Shuujoshi, Danseigo, Joseigo
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar) > 495.657 Japanese (Miscellaneous word classes)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:32
Last Modified: 09 Mar 2022 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174364
[thumbnail of Puspita Anggraini (2)ok.pdf]
Preview
Text
Puspita Anggraini (2)ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item