The Use of Politeness Strategies By Japanese Children in Blitar

Sari, Ratna Ayuning Sekar (2019) The Use of Politeness Strategies By Japanese Children in Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa adalah aspek penting dalam komunikasi untuk menyampaikan maksud pembicara. Dalam komunikasi, orang biasanya tidak bisa terlepas dari strategi kesopanan. Penelitian ini membahas tentang strategi kesopanan yang diutarakan oleh anak-anak Jawa di Blitar yang berusia 8-9 tahun menggunakan teori Brown dan Levinson (1987). Peneliti juga mengidentifikasi dalam konteks apa strategi tersebut digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penilitian ini yaitu anak-anak di Jawa yang berusia 8-9 tahun di Kota Blitar. Data diambil dari ucapan anak-anak saat mereka melakukan kegiatan seperti bermain, berkumpul dengan teman, berbicara dengan orang-orang, dan sebagainya. Dalam penelitian ini peneliti menemukan 92 ucapan yang mengandung strategi kesopanan diucapkan oleh partisipan. Terdapat 35 bald-on record, 34 positive politeness, 6 negative politeness, dan 17 off-record. Bald-on record adalah tipe yang sering digunakan karena ada faktor konteks yang terlibat. Faktor konteks yang sering memengaruhi aktivitas percakapan partisipan adalah participants, settings, dan instrumentalities. Partisipan sering menggunakan Baldon record saat berbicara dengan teman, senior, dan orang lebih tua yang memiliki hubungan dekat. Kegiatan percakapan mereka sebagian besar terjadi di tempat bermain. Dalam penelitian ini peneliti juga menemukan bahwa sebagian besar partisipan menggunakan Ngoko dalam komunikasi sehari-sehari, hanya ada satu anak yang menggunakan Krama ketika berbicara kepada orang yang lebih tua. Untuk peneliti selanjutnya, peneliti menyarankan untuk meneliti objek yang berbeda. Peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan kriteria objek yang berbeda. Untuk penemuan yang baru peneliti menyarankan untuk menganalis strategi kesopanan yang digunakan oleh anak-anak kepada orang yang lebih tua.

English Abstract

Language is an important aspect in communication to convey speaker’s intention to the others In communication people cannot be separated from politeness strategies. This study discussed about politeness strategies by Javanese children in Blitar using theory by Brown and Levinson (1987). The researcher also tried to identify the context of politeness strategy used by Javanese children. This research used descriptive qualitative approach. The participants were Javanese children in Blitar aged 8-9 years old, including male and female and lived in Sumbersari village at least for 5 years. Another criteria was they used Javanese as the language of daily communication. The data were taken from children’s utterances while they were doing conversational activity in their daily activities such as when playing, gathering with friends, talking to people, and so on. The research found 92 utterances containing politeness strategies produced by participants. There were 35 bald-on record, 34 positive politeness, 6 negative politeness and 17 off-record. Bald-on record was mostly used by the participants because there were some context factors involved in their conversational activities. The context factors involved were participants, settings, and instrumentalities. The participants used bald-on record when talking to friends, senior, and older people who have close relation, and also mostly activities happened in the playing area. In addition, almost all the participants used Ngoko in their conversation, only one child used Krama when speaking to an older person. Finally, the next researchers are suggested to study about different objects or use different criteria of the subject. To invent new finding, the researcher also suggests to analyze politeness strategies used by children when talking to older people, such as their parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/44/051908566
Uncontrolled Keywords: Linguistik, Pragmatik, Strategi Kesopanan, Bahasa Jawa, Tingkatan Bahasa Jawa, Blitar-Linguistics, Pragmatics, Politeness Strategies, Javanese Language, Javanese Language levels, Blitar
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics > 407.2 Research
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Aug 2020 10:06
Last Modified: 19 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174351
[thumbnail of Ratna Ayuning Sekar Sari.pdf] Text
Ratna Ayuning Sekar Sari.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item