Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan (Studi Pada Pengunjung Situs Tokopedia.Com)

Permadi, Fajar (2019) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan (Studi Pada Pengunjung Situs Tokopedia.Com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EWOM terhadap Minat Beli dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada situs belanja Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah correlation research yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik usia diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Tokopedia.com sebelumnya. Alat uji yang digunakan adalah PLS-SEM. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa EWOM memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli. EWOM juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan memiliki pengaruh langsung secara siginifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian juga menujukkan bahwa EWOM memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan.

English Abstract

This study aims to determine the effect of EWOM on purchase intention to Tokopedia with trust as the intervening variable. This correlation research analyzes the relationships between variables through hypothesis testing. This study uses a sample of 100 respondents, selected through purposive sampling with the criteria of people aged seventeen or older and have visited Tokopedia.com before. The data was collected from online questionnaires, and the hypotheseswere tested in PLS-SEM. Based on the result of the analysis, it can be concluded that EWOM has a significant and direct effect on purchase intention. EWOM also has a significant effect on trust, trust has a significant direct effect on purchase intention, and EWOM has an indirect effect on purchase intention through trust.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/370/051907998
Uncontrolled Keywords: EWOM, kepercayaan, minat beli, EWOM, trust, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Oct 2020 07:31
Last Modified: 14 Oct 2020 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174342
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item