Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Bank Terhadap Nasabah Yang Mengalami Kerugian Dalam Penggunaan Internet Banking (Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Malang)

Sinuraya, Emia Cicioina (2019) Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Bank Terhadap Nasabah Yang Mengalami Kerugian Dalam Penggunaan Internet Banking (Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehadiran layanan internet banking sebagai media alternatif dalam memberikan kemudahan-kemudahan bagi nasabah untuk bertransaksi melalui internet banking tidak terlepas dari berbagai risiko yang terjadi dalam layanan internet banking tersebut. Pada penulisan skripsi tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Bank Terhadap Nasabah Yang Mengalami Kerugian Dalam Penggunaan Internet Banking pada bank BRI Kantor Cabang Kawi terdapat beberapa rumusan masalah, yang membahas mengenai bagaimana pelaksanaan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak bank BRI terhadap nasabah yang mengalami kerugian dalam penggunaan Internet Banking?danapa faktor penghambat dan upaya yang dilakukan oleh pihak bank BRI untuk meminimalisir risiko yang terjadi dalam layanan internet banking?. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dan pаdа penelitiаn ini penulis menggunаkаn jenis penelitiаn yuridis empiris, metode pendekаtаn yаng digunаkаn penulis merupаkаn metode Yuridis Sosioligi.Sumber data yang digunakan dalam metode ini adalah berupa bahan hukum primer dan bahan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan serta wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa upaya penanganan permasalahan Internet Banking di BRI kantor Cabang Kawi Malang belum sesuai dengan amanat dari Undang-undang ITE pasal 15 ayat 1 dan 2 serta PBI No. 10/10/PBI/2008 Tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah. Implementasinya tidak sesuai dengan Undangundang ITE dan PBI tersebut. Upaya yang dilakukan bank BRI untuk meminimalisir risiko yang terjadi dalam layanan internet banking dengan cara melakukan beberapa kebijakan-kebijakan seperti kebijakan privasi dan kebijakan keamanan dan memberitahu kepada nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan data.

English Abstract

The presence of internet banking services as an alternative media in providing facilities for customers to transact through internet banking is inseparable from the various risks that occur in the internet banking services. At the writing of the thesis on the Implementation of the Bank's Responsibilities to Customers Who Have Disadvantages in Using Internet Banking at the BRI bank Kawi Branch Office there are several problem formulations, which discuss how to implement the responsibilities given by BRI banks to customers who experience loss in Internet usage Banking? and what are the inhibiting factors and efforts made by BRI banks to minimize the risks that occur in internet banking services? The method used is empirical legal research and in this research the author uses a type of empirical juridical research, the short method that is used by the writer is the Juridical Sosioligi method. The data source used in this method is in the form of primary and secondary legal materials. Data collection techniques used in this study were literature study and interviews. The results of this study in the form of efforts to handle Internet Banking problems in BRI Malang Kawi Branch Office have not been in accordance with the mandate of the ITE Law article 15 paragraph 1 and 2 as well as PBI No. 10/10 / PBI / 2008 concerning Settlement of Customer Complaints. Its implementation is not in accordance with the ITE Law and PBI. The efforts made by BRI banks to minimize the risks that occur in internet banking services by carrying out several policies such as privacy policies and security policies and telling customers to always maintain the confidentiality of data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/250/051908349
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.08 Banks and insurance > 346.082 Banks > 346.082 178 Specific topics of banks (Special banking services)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:58
Last Modified: 07 Oct 2020 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174329
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item