Proses Pembentukan Verba Tindakan Pada Karangan Deskripsi Mahasiswa Tunarungu Di Universitas Brawijaya

Rama, Nur Azizah (2019) Proses Pembentukan Verba Tindakan Pada Karangan Deskripsi Mahasiswa Tunarungu Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Verba merupakan salah satu komponen terpenting dalam kalimat yang berfungsi untuk menyatakan suatu tindakan. Verba yang digunakan mahasiswa tunarungu lebih cenderung kepada verba tindakan daripada verba proses atau keadaan. Hal tersebut dikarenakan verba tindakan lebih memilik acuan yang dapat diekspresikan secara nyata melalui kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, tunarungu dapat merelasikan tindakan yang ditangkap oleh indra penglihatan dengan tanda (bahasa isyarat). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan dan penggunaan verba tindakan pada karangan deskripsi mahasiswa tunarungu. Data dalam penelitian ini berupa verba tindakan yang diperoleh dari karangan deskripsi mahasiswa tunarungu angkatan 2018 di Universitan Brawijaya. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode simak. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa proses pembentukan verba tindakan pada karangan deskripsi mahasiwa tunarungu dihasilkan melalui proses sebagai berikut: (1) proses afiksasi yang terdiri dari prefiks, gabungan prefiks dan sufiks, serta klofiks, (2) proses reduplikasi verba yaitu pengulangan utuh dan pengulangan sebagian, (3) proses derivasi, dan (4) infleksi. Selain itu melalui tataran sintaksis verba tindakan diklasifikasikan berdasarkan verba transitif dan intransitif. Penggunaan verba tindakan pada karangan deskripsi mahasiswa tunarungu didominasi oleh verba transitif dengan persentase sebesar 65% dan verba intransitif dengan persentase sebesar 65%. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa mahasiswa tunarungu lebih banyak menggunakan verba transitif karena mereka lebih mudah memahami kegiatan yang perlakukannya diikuti oleh benda. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada pengajar bahasa Indonesia disablitas tunarungu agar menciptakan perangkat pembelajaran baik berupa media atau modul pembelajaran guna memudahkan tunarungu memahami penggunaan kata, khususnya dalam bentuk bahasa tulis.

English Abstract

Verbs are one of the most important components in a sentence that serves to express an action. Verbs used by deaf students are more likely to be action verbs than process verbs. This is because the action verbs have more references that can be expressed in real way through daily activities. Thus, deaf students can relate the actions captured by the sense of sight with signs (sign language). This study aims to describe the formation and use of action verbs in the description essays of deaf students. Data in this study are action verbs obtained from the description of 2018 deaf students at Brawijaya University. Data collection technique is done using the refer method. Furthermore, the data analysis technique uses the agih method with the direct element (BUL) technique. The results of this study revealed that the process of forming action verbs in essay descriptions of deaf students was produced through the following processes: (1) affixation process consisting of prefixes, a combination of prefixes and suffixes, and clophiks, (2) verb reduplication process ie intact repetition and repetition partly, (3) the process of derivation, and (4) inflection. In addition, through the syntactic level the action verbs are classified based on transitive and intransitive verbs. The use of action verbs in the description essays of deaf students is dominated by transitive verbs with a percentage of 65% and intransitive verbs with a percentage of 35%. In this study it was found that deaf students used more transitive verbs because they were easier to understand the activities that were treated by objects. This research is expected to be able to give advice to teachers of Indonesian language with disabilities in order to create learning devices in the form of media or learning modules to facilitate deaf people to understand the use of words, especially in written language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/357/051908938
Uncontrolled Keywords: Proses pembentukan, tunarungu, verba-Deaf, Formation Process, Verb
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses; people with disabilities and illnesses, gifted people
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Nov 2020 16:31
Last Modified: 16 Feb 2024 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174315
[thumbnail of Nur Azizah Rahma.pdf] Text
Nur Azizah Rahma.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item