Widyandhana N, Adilla (2019) Evaluasi Proses Bisnis Pelayanan Akademik Skripsi Menggunakan FILKOM APPS Pada Fakultas llmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Dengan Metode Quality Evaluation Framework (QEF). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
FILKOM APPS adalah sebuah sistem informasi pendukung pelayanan akademik di lingkungan FILKOM,termasuk pelayanan akademik terkait skripsi. Namun dalam beberapa praktiknya ada beberapa kendala yang dirasakan mahasiswa sebagai pengguna untuk merasakan pelayanan akademik skripsi. Problem yang terjadi diantaranya adalah tidak seragamnya waktu pelayanan skripsi dalam hal verifikasi akademik setelah mahasiswa mengunggah proposal skripsi. Selain itu juga penerbitan surat tugas antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya mendapatkan durasi waktu penerbitan surat tugas yang beragam pula. Hal ini akan berdampak pada proses pengerjaan skripsi yang tengah ditempuh mahasiswa di akhir studinya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah evaluasi proses bisnis pada pelayanan akademik skripsi menggunakan FILKOM APPS dengan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) yang memiliki dimensi untuk mengukur kualitas waktu, dimana sebelumnya peneliti melakukan pemodelan proses bisnis yang telah berjalan berdasarkan rekam data dan discovery dari event log pada FILKOM APPS khususnya pada pelayanan skripsi, kemudian melakukan ekstraksi data dengan tools Disco dan pemodelan dengan tools ProM 6.8. Lalu dengan menggunakan metode heuristic, data event log akan dimodelkan secara otomatis. Kemudian dilakukan pemetaan pemodelan proses bisnis berdasarkan event log dan Standar Operasional Prosedur (SOP) lalu dilakukan evaluasi dengan metrik time efficiency. Hasil dari evaluasi ditemukan ketidaksesuaian pada activity penerbitan surat tugas, verifikasi akademik prodi, verifikasi proposal setelah PO dan penjadwalan seminar hasil dimana berdasarkan presentase masing-masing metrik tidak sampai pada presentase 100%.
English Abstract
FILKOM APPS is the system that support in FILKOM academic service, include in thesis. But in reality, there are problems in implementation, so it will make same troubles far the student as the users of this service. The problem is one with others student can't get verification from academic after the student upload their proposal at the same time. The other problem is student can't get letter of assignment in the same time with the other student. Thisproblem will make impact far process research of their thesis especially far student of final semester. Sa, it need an evaluation business process far academic service in thesis using FILKOM APPS with quality evaluation framework (QEF) method. The Quality Evaluation Framework (QEF} have same dimension ta measure the quality of time service. First step far researcher is modelling the business process base an event lag in FILKOM APPS record especially in thesis service with data extraction from Disco tools and the automatically process business modelling with PraM 6.8 tools. Next step with heuristic method, the event lag data will modelled automatically. After that we do same mapping far business process modelling from event lag and operational standard procedure. After that, researcher dosame evaluation with time efficiency matric. The result of this evaluation are the activity of publishing of letter of assignment, verification from academic study program, verification proposal document after PO and the scheduling of result presentation with this percentage of those activity not reach 100%.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/649/051907820 |
Uncontrolled Keywords: | Event Log, Quality Evaluation Framework (QEF),Quality Factor, Time Efficiency, Disco, ProM 6.8. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:35 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 07:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174225 |
Preview |
Text
Adilla Widyandhana N (2)ok.pdf Download (54MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |