Pembangunan Sistem Point Of Sale Yang Terintegrasi Dalam Setiap Cabang Outlet (Studi Kasus : 30 Derajat Street Food Tulungagung)

wati, yuni panca (2019) Pembangunan Sistem Point Of Sale Yang Terintegrasi Dalam Setiap Cabang Outlet (Studi Kasus : 30 Derajat Street Food Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

30 Derajat Street Food merupakan bisnis makanan yang sudah mempunyai cabang yang tersebar di kota Tulungagung. Pada transaksi yang dilakukan oleh bisnis ini masih menggunakan buku untuk mencatat setiap transaksi. Selain itu untuk rekap hasil penjualan dan pengeluaran juga dilakukan dengan mencatat di buku. Sehingga dalam merekap keuangan sangat memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem point of sale yang terintegrasi di setiap cabang outlet berbasis website. Pembangunan sistem ini menggunakan Software Development Life Cycle Software dengan model Waterfall. Dari hasil rekayasa kebutuhan didapatkan sebanyak 37 kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional yaitu compatibility. Sistem ini dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan object oriented dan menggunakan framework Codeigniter dengan model MVC (model, view, controller). Sistem ini diuji menggunakan pengujian unit dengan metode White Box, teknik yang digunakan yaitu basis path testing, pengujian Validasi dengan metode Black Box dengan kasus uji sebanyak 48 dengan keberhasilan 100%. Dan pengujian compatibility dengan menggunakan tool sort site dan sistem berhasil diakses pada enam browser yang berbeda.

English Abstract

30 Derajat Street Food has been a culinary business which already has widely spread branches in Tulungagung. However this business still uses a manual book to take down every transaction such as sales recapitulation and every single expense. As the result, to take down the financial recapitulation will surely take a long time. Accordingly, Point of sale website based built up which is then directly integrated to every outlet branch. Development of this system uses Software Development Life Cycle Software with Waterfall model. The result software engineering shows of accounting needs, there were 37 functional and non-functional requirements, compatibility. This system is designed and is implemented by using an object oriented approach uses the Codeigniter framework with the MVC model (Model, View, Controller). Dealing with the test used, this research applies some tests covering white box method for the unit test, basis path testing for the technique, black box for validation test with 48 cases with 100% success and the last tool sortsite for compatibility test which is succesfully accessed by the six different browsers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/629/051907842
Uncontrolled Keywords: point of sale, website, transaksi, waterfall
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 09 Mar 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174214
[thumbnail of yuni panca wati (2)ok.pdf]
Preview
Text
yuni panca wati (2)ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item