Analisis Faktor Penempatan Dan Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif (Studi Pada SMK PGRI 3 Malang)

Firmansyah, Abdurrahman (2019) Analisis Faktor Penempatan Dan Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif (Studi Pada SMK PGRI 3 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK PGRI 3 Malang. Evaluasi praktik kerja lapangan tersebut dilihat dari faktor-faktor penempatan dan penentu keberhasilan PKL di SMK PGRI 3 Malang. Hasil evaluasi digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Malang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan jaringan (TKJ), serta Multimedia (MM). Responden penelitian ini adalah 110 siswa, 9 guru pembimbing PKL, dan 5 Perusahaan (DU/DI). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK PGRI 3 Malang secara keseluruhan meliputi: (1) akademik termasuk dalam kategori netral. (2) kesiapan siswa termasuk dalam kategori tinggi. (3) tempat tinggal siswa termasuk dalam kategori tinggi. (4) manfaat PKL termasuk dalam kategori tinggi. (5) kendala PKL termasuk dalam kategori tinggi. (6) fasilitas termasuk dalam kategori tinggi. (7) persepsi siswa tentang kompetensi guru termasuk dalam kategori tinggi. (8) kinerja siswa termasuk dalam kategori tinggi.

English Abstract

This research intend to evaluate the implementation of field work practice programs (PKL) of students of SMK PGRI 3 Malang. The evaluation of field work practices was seen from the placement factors and determinants of the success of street vendors in SMK PGRI 3 Malang. The evaluation results are used as input in the implementation of subsequent fieldwork practices. This research was conducted at SMK PGRI 3 Malang in the area of expertise in Software Engineering (RPL), Computer and Network Engineering (TKJ), and Multimedia (MM). The respondents of this study were 110 students, 9 teachers, and 5 companies (DU/DI). This research is an evaluation research with descriptive quantitative method. Data collection using questionnaires, and interviews. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that the implementation of job training (PKL) of students of SMK PGRI 3 Malang as a whole included: (1) academic in the neutral category. (2) readiness of students in the high category. (3) student residence in the high category. (4) benefits of street vendors in the high category. (5) PKL constraints in the high category. (6) facilities in the high category. (7) students' perceptions of teacher competence in the high category. (8) student performance in the high category.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/622/051907835
Uncontrolled Keywords: Faktor Penempatan, Praktik Kerja Lapangan, SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Placement Factors, Job Training, Education of Information and Communication Technology
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.43 Descrptive and experimental methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 24 Aug 2020 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174188
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item