Analisis Pengaruh Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, dan Lingkngan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Dasar di SMKN 5 Malang

Setiyawan, Ramadhana (2019) Analisis Pengaruh Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, dan Lingkngan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Dasar di SMKN 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan mempunyai tujuan untuk membahas tentang pengaruh dari Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Dasar Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 5 Malang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh data terkait kebiasaan belajar, minat belajar, lingkungan belajar dan penggunaan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Penelitian ini juga menggunakan metode purposive dengan populasi pada penelitian ini yaitu Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 5 Malang sejumlah 80 siswa. Uji coba instrumen dikerjakan oleh kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 32 siswa. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, sebelum masuk pada tahap analisis, data tersebut diuji terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat analisis dan mendapatkan hasil data tersebut berdistribusi normal, linier dan tidak terdapat heterokesdastisitas. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu (1) secara parsial kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pemrograman dasar kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 5 Malang, (2) secara parsial minat belajar mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar pemrograman dasar kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 5 Malang, (3) secara parsial lingkungan belajar tidak signifikan akan tetapi memiliki pengaruh positif meskipun itu kecil terhadap prestasi belajar pemrograman dasar kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 5 Malang, (4) secara simultan kebiasaan belajar, minat belajar, lingkungan belajar mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar pemrograman dasar kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 5 Malang.

English Abstract

This study is a descriptive study designed to discuss the implications of learning habits, learning interests, and learning environments on the learning progress of Basic Class X programming in computer and network technology in SMK 5 Malang. Data collection uses a questionnaire methodology to obtain data related to study habits, learning interests, learning environment, and the use of documentation methods to determine students' learning performance. This study also uses a purposive methodology with a population of 80 students in Class X computer and network engineering from SMKN 5 Malang. The instrument tests were conducted by 32 students in Class XI computer and network technology. The data was analyzed using multiple linear regression before being entered into the analysis step, the data was first tested using the analysis precondition test, and the results of the data were normalized, linear, and there was no heterokesdastisitas. This study found that (1) partially learning habits have a positive and significant impact on class X computer and network learning performance at Malang 5 Vocational High School, (2) partially learning interests have a negative and significant impact on basic programming skills, (3)Learning Achievements Have Class X Computer and Networking Technology at Malang Vocational Secondary School 5 Partly the learning environment is not significant, but it does have a positive impact on the learning performance of basic programming in Class X computer and network engineering at SMK 5 in Malang, (4) Simultaneity Learning interest, learning environment has an impact on the learning performance of basic programming in Class X of computer and network technology in SMK 5 Malang and is significant.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/680/051907872
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar. study habits, learning interests, learning environment and learning achievement.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research > 001.43 Descrptive and experimental methods
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 09 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174143
[thumbnail of Ramadhana Setiyawan (2)ok.pdf]
Preview
Text
Ramadhana Setiyawan (2)ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item