Strategi Pengembangan Bisnis Pada UKM Cokelat Tempe Dekonco di Kota Malang

Djatmiko, Hanif Drestanto Raditya (2019) Strategi Pengembangan Bisnis Pada UKM Cokelat Tempe Dekonco di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis makanan dan minuman di Indonesia sangat beragam dan tersebar di berbagai provinsi dalam bentuk usaha kecil, menengah dan besar. Usaha kecil menengah (UKM) mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi negara. UKM di Indonesia didominasi oleh bisnis makanan dan minuman yang sangat berkembang dari tahun ke tahun. Seiring dengan berjalannya waktu Kota Malang adalah salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Industri makanan dan kuliner di Kota Malang juga semakin berkembang pesat dalam industri makanan dan kuliner seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang untuk berlibur. Banyaknya produk olahan tempe membuat Dekonco melakukan inovasi dengan mencapurkannya dengan cokelat yaitu cokelat tempe. Sudah ada beberapa varian rasa yang diproduksi oleh Dekonco yaitu seperti rasa susu, cokelat, pedas, apel dan strawberry. Cokelat tempe Dekonco masih sangat asing bagi para wisatawan luar kota Malang. Cokelat tempe dekonco juga sudah mempunyai 2 cabang yaitu di Jl. Danau Kerinci Raya dan Jl. Soekarno Hatta. Namun cabang tersebut tidak dapat dipastikan jam bukanya, hal ini menjadi kendala untuk para konsumen yang ingin membeli produk. Dengan produknya yang sangat unik dan inovatif ini harusnya oleh – oleh ini berpontensi menjadi oleh – oleh yang dicari oleh para wisatawan. Maka dari itu butuh adanya strategi pengembangan bisnis yang dapat melihat strategi aternatif yang dapat dilakukan Dekonco untuk mengembangkan bisnisnya. Metode analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode EFE, IFE, SWOT dan QSPM. Teknik pengambilan sample dilakukan secara sengaja dengan metode judgement sampling, yaitu terhadap informan yang memiliki informasi spesifik terkait data yang akan dianalisis. Peneliti memilih beberapa key informan yang berasal dari internal perusahan yaitu pemilik perusahaan, manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, manajer sumberdaya manusia, dan karyawan Cokelat Tempe Dekonco. Key Informan yang menjadi infroman dari eksternal perusahaan adalah Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dan konsumen. Penentuan key informan berdasarkan bagian penting dalam manajemen perusahaan yang mengetahui tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan hasil analisis faktor internal perusahan dengan menggunakan matriks IFE dapat diketahui bahwa kekuatan perusahaan yang paling besar adalah dengan total skor 0,337, sedangkan pada kelemahan terbesarnya yang dimiliki Dekonco adalah 0,124 yaitu tidak jelasnya jam buka gerai. Total matriks IFE adalah 0,737. Hasil analisis eksternal perusahaan dengan matriks EFE dapat diketahui bahwa peluang terbesar Dekonco adalah Tren konsumsi masyarakat dengan skor 0,565, sedangkan ancaman terbesar yang dimiliki perusahaan yaitu belum adanya teknologi dalam proses produksi dengan skor 0,276. Total skor matriks EFE sebesar 1,317. Berdasarkan penilaian matriks IE menunjukkan posisi perusahaan Dekonco berada dalam kuadran 1, yaitu Dekonco berada didalam posisi strategis yang sangat baik, jika perusahaan memiliki konsentrasi dengan pasar dan produk saat ini cocok menggunakan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan posisi tersebut terdapat 5 alternatif strategi untuk mengembangkan produk yaitu: 1) Mempertahankan kualitas produk dan harga serta memanfaatkan lokasi distribusi yang strategis seperti pusat rekreasi seperti Jatim Park dan Batu Night Spectaculer (BNS), 2) Melakukan promosi dengan membuat potongan harga, melalui promosi offline melalui spanduk dan banner, selain itu juga melakukan promosi produk dengan bekerja sama dengan influencer atau selebgram (selebriti Instagram) untuk memberikan review dan pengalaman menggunakan produk, 3) Penggunaan teknologi dalam proses produksi agar SDM dapat dialihkan di divisi lain, 4) Membenahi struktur internal organisasi Dekonco dengan menambahkan SDM di bagian pemasaran dan keuangan dan kerjasama untuk tujuan perusahaan, dan 5) Meningkatkan modal yang di miliki agar dapat mengantisipasi tidak terjadinya perubahan harga bahan baku penolong yang semakin tinggi. Berdasarkan hasil Matriks QSPM, dari lima alternatif strategi yang ada terdapat satu strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh Dekonco yaitu Melakukan promosi dengan membuat potongan harga, melalui promosi offline melalui spanduk dan banner, selain itu juga melakukan promosi produk dengan bekerja sama dengan influencer atau selebgram (selebriti Instagram) untuk memberikan review dan pengalaman menggunakan produk dengan nilai TAS tertinggi sebesar 5,299.

English Abstract

Business meals and drinks in Indonesia is very diverse and dispersed in province in the form of businesses small medium and large. Small Medium Entreprises have a role that is very important in the growth of the economy country. SME in Indonesia is dominated by businesses of food and drinks that greatly developed from year to year. Along with the passage of time Malang City is one of the destinations w isata yes ng quite famous in Indonesia. Industrial food and culinary in Malang also increasingly growing rapidly in the industry of food and culinary along with the many travelers who come for vacation. The number of products processed tempeh made Dekonco do innovation combine tempe with chocolate. Already there are several variants of flavors produced by Dekonco is like the taste of milk, chocolate, spicy, apple and strawberry. Brown tempe Dekonco still very strange to the traveler outside of the city of Malang. Chocolate tempe dekonco also already has two branches, namely on Jl. Danau Kerinci Raya and Jl. Soekarno Hatta. However, branches are not able to be ascertained hour open it, things have become obstacles for the consumer who wants to buy a product. From that need their strategy of development of business who can see the strategy aternative that can be done Dekonco to development for business. Methods of analysis were used descriptive quantitative, by using the method of EFE, IFE, SWOT and QSPM. Mechanical taking sample is done by deliberately by methods judgment sampling, ie against the informant who has information specifically related to the data that will be analyzed. Researchers chose a few key informants who comes from internal company that is the owner of the company, manager of finance, manager production, manager of marketing, manager of resource human, and employee Chocolate Tempe Dekonco. Key informant who became infroman of external companies is the Department of Cooperatives and SMEs Malang and consumers. Determination key informants based part is important in the management of the company who knew about the condition of the internal and external companies. Based on the results of the analysis of factors internal company by using a matrix of IFE can be known that the strength of the company 's most substantial is with a total score of 0.337, while the weakness of the greatest who owned Dekonco is 0.124 which is not explained hour open outlets. The total IFE matrix is 0.737. The results of the analysis of external companies with matrix EFE be known that the chances largest Dekonco is the trend of consumption society with a score of 0.565, while the threat of the greatest who owned the company that is not yet the technology in the process of production with a score of 0,276. Total score matrix EFE at 1.317. Based on the assessment matrix IE indicates the position of the company Dekonco located in quadrant 1, IE Dekonco be in a position located are very good, if the company has a concentration of the market and the product when it is suitable to use strategy of penetrating the market, the development of markets and development of products. Based on the position that there are five alternative strategies to develop a product that is : 1) Maintaining the quality of products and prices as well as take advantage of the location of the distribution that is positioned as the center of recreation such as Jatim Park and Batu Night Spectacular (BNS), 2) Doing promotions by making cuts prices , through the promotion of offline through banners and banner, besides it also did promotional products to work together with influencers or celebgram (Instagram celebrities) to provide a review and experience of using the product , 3) The use of technology in the process of production so that human resources can be diverted in a division other, 4) Fix the structure internal organization Dekonco by adding human resources in parts of the marketing and finance and cooperation for the purpose of the company , and 5) Increase of capital in have to be able to anticipate not the change in the price of materials raw rescuers are increasingly high. Based on the results of Matrix QSPM, from five alternative strategies that exist there is one strategy that prioritized to do by Dekonco is Doing promotions by making cuts prices, through the promotion of offline through banners and banner, besides it also did promotional products to work together with influencers or celebgram (instagram celebrities) to provide reviews and experiences using products with the highest TAS score of 5,299.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/591/051907365
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 31 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174136
[thumbnail of Hanif Drestanto Raditya Djatmiko.pdf] Text
Hanif Drestanto Raditya Djatmiko.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item