Pengembangan Sistem Manajemen Peminjaman Sarana dan Prasarana (Studi Kasus : Fakultas Hukum Universitas Brawijaya)

Sihotang, Sueddi (2019) Pengembangan Sistem Manajemen Peminjaman Sarana dan Prasarana (Studi Kasus : Fakultas Hukum Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Wok mempunyai media untuk menyampaikan informasi jadwal kuliah secara online meckipun mereka melaksanakan kegiatan perkuliahan setiap harinya. Selain melaksanakan perkuliahan, fakultas hukurn Universitas Brawijaya juga mempunyai kegiatan kegiatan diluar perkuliahan yang diselenggarakan oleh mahasiswa atau civitas fakultas hukum lainnya. Pelaksanaan kegiatan tersebut harus menggunakan ruangan sebagai tempat pelasanaan dan peralatan penunjang agar kegiatan dapat berjalan balk. Kebutuhan mahasiswa dalam menggunakan ruangan dan peralatan fakultas sudah terpenuhi selama ini. Mahasiswa dapat melakukan peminjaman ruangan dan barang kepada fakultas melalui sekretariat kuliah atau staf pelayanan yang selama ini dilakukan secara manual. Informasi penggunaan ruangan dan barang juga hanya dapat diketahui dengan menanyakan langsung kepada operator terkait. Setiap peminjaman kemudian harus divalidasi oleh kasubag akademik, kasubag kemahasiswaaan dan kasubag umum. Proses validasi ini terkadang membutuhkan waktu yang lama jika orang-orang tersebut tidak dapat ditemui dalam waktu tertentu. Sistem manajemen peminjaman sarana dan prasarana adalah sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalan diatas. Pengajuan peminjaman dan validasi peminjaman dapat dilakukan secara online. Setiap peminjaman akan direkap oleh sistem. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan waterfall dengan menggunakan pendekatan OOD dalam perancangan dan OOP dalam hal implementasi. Pengembang menggunakan framework bootstrap dan codeigniter yang mendukung kondep MVC (model, view, controller) dalam implementasi sistem. Sedangkan sistem yang telah dibangun diuji dengan menggunakan pengujian unit, pengujian validasi dan pengujian compatibility. Berdarkan pengujian yang dilakukan, sistem mendapat hasil 100% valid dalam pengujian fungsional dan mendapat hasil yang baik dalam pengujian compatibility. Sistem yang dibangun mampu berjalan baik pada lingkungan browser yang diuji.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/670/051907862
Uncontrolled Keywords: Peminjaman, ruangan, barang, validasi, online, rekap
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:26
Last Modified: 09 Mar 2022 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174118
[thumbnail of Sueddi Sihotang (2)ok.pdf]
Preview
Text
Sueddi Sihotang (2)ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item