Optimasi Collision Detection Pada 2D Spaceship Game Menggunakan Metode Quadtree

Wicaksono, Andhi Indra Lestya (2019) Optimasi Collision Detection Pada 2D Spaceship Game Menggunakan Metode Quadtree. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permainan video 2D Spaceship game merupakan permainan klasik yang dapat dimainkan sejak jaman Gameboy, namun seiring berjalannya kemajuan teknologi. Game ber-genre spaceship ini masih populer di kalangan anak muda hingga orang dewasa, pada 2D spaceship game ini, player atau pemain diberi tujuan atau objektif untuk menghindari obstacle hingga mengalahkan NPC. Game ber-genre ini memerlukan sebuah collision detection, sebuah algoritma untuk mengetahui jika ada 2 objek saling bertabrakan, seperti peluru dengan NPC atau player dengan NPC atau juga peluru dengan obstacle. Metode yang digunakan untuk memeriksa pertumpukan antara 2 objek dalam penelitian ini adalah menggunakan quadtree, yaitu metode pemisahan area pada wilayah game yang bertujuan untuk memfokuskan collision detection pada area tertentu saja, metode ini berjalan ketika ada 2 objek yang bisa bertumpukan berada pada 1 node atau 1 area yang sama, sehingga jika pada suatu area tidak ada 2 objek yang dapat bertumpukan, metode collision detection tidak akan bekerja, metode ini lebih optimal daripada metode collision detection yang langsung diterapkan tanpa dimasukan kedalam metode quadtree terlebih dahulu karena deteksi pertumpukannya tidak terfokus namun ke semua wilayah sekaligus yang menyebabkan metode dengan quadtree menggunakan resource lebih sedikit yang menyebakan kenaikan frame per second saat dimainkan, hasil dari pengujian menyatakan bahwa algoritma Quadtree mampu untuk mendobrak FPS menjadi lebih tinggi, rata rata FPS jika tidak menggunakan Quadtree tercatat sebesar 70,06 FPS sedangkan rata rata FPS dengan menggunakan Quadtree bisa mencapai 268,1 FPS

English Abstract

2D Spaceship Game Is a classic game since Gameboy’s came out, but even its an old type of game, many people still played it until now, this game will give you objective to survive an attack against many obstacle or even getting in a battle with NPC, game with this genre needs a collision detection, an algorithm that allows you to detect collision between 2 collidable objects, like bullets with NPC, player with NPC or bullet with obstacle, the method that used for collision detection in this paper is quadtree, which is a method that allows the area divide by itself in order to focusing collision detection in certain area, this method works if there is 2 collidable objects that were in the same place at the same time, so if theres no object or just 1 object in certain area, the collision detection algorithm wont detect anything, this method is more optimal than just use the collision detection and implement it straight to the game because the collision detection its not focused in certain area and the algorithm will detect all the areas, so that means the quadtree use less resource and the frame per second will increase. After being tested for couple times, the Quadtree Algorithm able to bust the FPS up, the average FPS for non Quadtree Collision Detection is 70.06 FPS, and the average FPS for Quadtree Collision Detection is 268.1 FPS

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/657/051907849
Uncontrolled Keywords: 2D game, Spaceship game, Collision Detection, Quadtree, Collidable object
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:25
Last Modified: 09 Mar 2022 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174092
[thumbnail of Andhi Indra Lestya Wicaksono  (2)ok.pdf]
Preview
Text
Andhi Indra Lestya Wicaksono (2)ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item