Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam)

Purwanto, Dandy Eko (2019) Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-Government merupakan suatu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang pemerintahan. Kebijakan penggunaan e-Government tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pengembangan e-Government. Pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan (e-Government) sendiri akan dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam menerapkan konsep e-Government dengan cara membangun suatu layanan pengaduan masyarakat sebagai media pelayanan publik yang diberi nama APEKESAH. APEKESAH berfungsi sebagai wadah masyarakat melakukan pengaduan terhadap kejadian – kejadian tertentu kepada organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Batam. Berdasarkan penelitian awal, ditemukan beberapa permasalahan seperti : (1) 43,75% pengguna mengalami permasalahan pada fitur yang ada pada layanan APEKESAH; (2) 87,5% pengguna mengalami permasalahan pada tampilan dari website APEKESAH, dan (3) 62,5% pengguna mengalami permasalahan pada janji layanan yang tidak terpenuhi. Untuk mengetahui kualitas dari suatu layanan e-Government maka dapat dipilih suatu model evaluasi kualitas layanan digital yang spesifik untuk domain e-Govenrment yang di sebut e-Govqual serta untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja beserta ekspetasi masyarakat digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penelitian, terdapat 4 atribut dari e-Govqual yang berada pada Kuadran A IPA yang menyatakan bahwa terdapat 4 atribut yang memiliki ekspetasi tinggi namun perfromanya rendah. Berdasarkan temuan tersebut, maka dibuatlah suatu rekomendasi untuk memperbaiki atribut-atribut yang berada pada kuadran tersebut sehingga diharapkan layanan APEKESAH dapat memenuhi ekspetasi penggunanya

English Abstract

E-Government is a utilization of Information and Communication Technology (ICT) in the field of government. The policy of using e-Government is contained in the Instruction of the President of the Republic of Indonesia No. 3 of 2003 concerning national policies and strategies in the development of e-Government. The use of ICT in the government process (e-Government) itself will be able to increase the effectiveness, efficiency, transparency and accountability of governance. The Batam City Government through the Batam City Office of Communication and Information (Diskominfo) applies the concept of e-Government by building a public complaints service as a public service media named APEKESAH. APEKESAH functions as a forum for the community to complain about certain events to the regional organization (OPD) of Batam City. According to early research, there were several problems such as: (1) 43.75% of users experienced problems with the features on the APEKESAH service; (2) 87.5% of users experience problems on the appearance of the APEKESAH website, and (3) 62.5% of users experience problems with service promises that are not met. To determine the quality of an e-Government service, a digital service quality evaluation model that is specific to the e-Government domain called e-Govqual can be chosen and to measure the level of community satisfaction with performance and expectations of the community, the Importance Performance Analysis (IPA) method is used. . From the results of the study, there are 4 attributes of e-Govqual which are in the IPA A Quadrant which states that there are 4 attributes that have high expectations but the performance is low. Based on these findings, a recommendation was made to improve the attributes in the quadrant so that the APEKESAH service is expected to meet the expectations of its users.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/644/051907815
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kualitas Layanan, e-Govqual, Importance Performance Analysis (IPA), Layanan Pengaduan Masyarakat, APEKESAH, Evaluation, Service Quality, e-Govqual, Importance Performance Analysis (IPA), Public Complaints Service, APEKESAH
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:34
Last Modified: 09 Mar 2022 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174079
[thumbnail of Dandy Eko Purwanto (2)ok.pdf]
Preview
Text
Dandy Eko Purwanto (2)ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item