Mitigasi Risiko Teknologi Blockchain dalam Transaksi Cryptocurrency (Studi Kasus pada Bitcoin)

Yahya, Bisma Adjie Trisna (2019) Mitigasi Risiko Teknologi Blockchain dalam Transaksi Cryptocurrency (Studi Kasus pada Bitcoin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitigasi risiko dari fenomena teknologi blockchain dalam implementasinya kedalam cryptocurrency terkhusus pada Bitcoin. Penelitian ini merupakan hasil dari telaah literatur yang mendeskripsikan proses identifikasi risiko, penilaian risiko serta mitigasi risiko dari teknolgi blockchain dengan menggunakan analisis bow-tie. Peneliti menggunakan sumber data sekunder berupa hasil dokumentasi, notulensi, observasi serta penelitian terdahulu untuk mencari keterkaitan antara fenomena dengan risiko yang dapat timbul dalam pengimplementasiannya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan telaah literatur yang telah dikumpulkan oleh peneliti sebelumnya untuk membangun konstruksi hubungan berdasarkan data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam kajian teori dari implementasi teknologi blockchain dalam transaksi cryptocurrency khususnya berfokus pada pemahaman risiko dan tindak penanggulangan yang tepat. Penelitian ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengambilan keputusan perumusan kebijakan terhadap pengimplementasian teknologi blockchain dalam transaksi cryptocurrency di Indonesia dan pedoman bagi pengguna serta pengembang aplikasi dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi ini berdasarkan hasil analisis yang mencakup risiko teridentifikasi, tingkat penilaian risiko, dan penganggulangan risiko tersebut. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Bow-Tie. Penelitiaan ini menghasilkan 10 hasil risiko yang telah ter identifikasi dan dikelompokan kedalam 5 kelompok risiko berdasarkan tantangan yang harus dihadapi dalam melakukan implementasi terhadap teknologi blockchain dalam transaksi cryptocurrency khususnnya pada Bitcoin. Penelitian ini juga mendapati 10 tindak pengendalian dan 6 tindak pemulihan terhadap 10 risiko yang telah teridentifikasi dalam implementasi teknologi blockchain pada transaksi cryptocurrency yang kemudian dikelompokan menjadi 2 kategori mitigasi risiko yaitu mitigasi risiko ekonomi dan mitigasi risiko non-ekonomi berdasarkan dampak yang ditimbulkan dari risiko tersebut

English Abstract

This study aims to describe the risk mitigation of blockchain technology in cryptocurrency transactions, particularly Bitcoin. This library research describes risk identification, risk assessment, and risk mitigation processes of blockchain technology using Bow-Tie analysis using secondary data from documentations, minutes, observation, and previous researches to identify linkages between the phenomenon with risks that may emerge from the implementation. The data of this study was collected from previous studies to construct the linkage. This research also aims to elaborate studies on the theory of blockchain technology implementation in cryptocurrency transactions by understanding the risk and making appropriate countermeasures. This research is also expected to help the government in making decision about policies for implementing blockchain technology in cryptocurrency transaction in Indonesia. In addition, the result can be used as guidelines for application users and developers in optimizing this technology, which is based on the results of risk identification, risk assessment, and risk mitigation analyses. The result of Bow-Tie Analysis in this studies identifies ten risks, grouped into five major risk according to the challenge that needs to be addressed, this research also finds ten control measures and six recovery action to handle the risks, divided into two groups of risk mitigation, based on the after effect; they are economic risk mitigation and non-economic risk mitigation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/423/051907973
Uncontrolled Keywords: Blockchain, Cryptocurrency, Mitigasi Risiko, Bitcoin, Blockchain, Cryptocurrency, Risk Mitigation, Bitcoin.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.028 5 Accounting (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:17
Last Modified: 09 Nov 2020 04:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174039
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item