Analisis Kebijakan Distribusi Pemasaran Furnitur (Studi Pada Sentra Usaha Furnitur Akar Jati Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora),

Pratama, Galih Hangga Agus (2019) Analisis Kebijakan Distribusi Pemasaran Furnitur (Studi Pada Sentra Usaha Furnitur Akar Jati Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Tempellemahbang merupakan salah satu desa di Kabupaten Blora yang memiliki cakupan wilayah hutan jati yang cukup besar sekitar 29,90% dari total wilayah hutan negara di Kabupaten Blora (data Perum Perhutani 2013 dalam rekap statistik kehutanan Kabupaten Blora 2013). Warga masyarakat di Desa Tempellemahbang secara turun temurun memiliki keterampilan dan wawasan yang baik mengenai pembuatan furnitur yang terbuat dari akar jati dan juga pemilihan bahan baku yaitu akar jati yang memiliki kualitas yang bagus untuk diolah. Dengan kondisi masyarakat tersebut dan lokasi yang berdekatan dengan sumber bahan baku utama yaitu akar kayu jati, maka pada tahun 2007 Desa Tempellemahbang diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Blora sebagai Sentra Usaha Furnitur Akar Kayu Jati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh pelaku usaha di Sentra Usaha Furnitur Akar Jati Desa Tempellemahbang dalam mengefisiensi proses pengiriman produk kepada konsumennya melalui analisis saluran distribusi, analisis strategi distribusi domestik dan internasional, hingga akhirnya dapat diketahui perbedaan yang terjadi dalam proses penyampaian produk kepada konsumen domestik dan internasional.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif. Data pada penelitian ini didapatkan melalui proses wawancara kepada key informan yang telah dipilih sebelumnya dan juga observasi langsung pada lokasi penelitian serta dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, hingga kemudian penarikan kesimpulan dan pembuktian kembali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat pola saluran distribusi yang terjadi di Sentra Usaha Furnitur Desa Akar Jati Desa Tempellemahbang, yaitu Pelaku Usaha – Konsumen, Pelaku Usaha – Distributor – Toko, Pelaku Usaha – KOPINKRA – Importir, dan Pelaku Usaha – Importir. Hasil penelitian juga menunjukkan strategi distribusi untuk konsumen Domestik yang dilakukan oleh pelaku usaha di Sentra Usaha Furnitur Akar Jati Desa Tempellemahbang termasuk dalam strategi distribusi eksklusif, sedangkan strategi distribusi untuk konsumen internasional dilakukan melalui International Distribution Strategy. Terdapat pula perbedaan perlakuan yang diberikan kepada produk yang dimiliki oleh pelaku usaha di Sentra Usaha Furnitur Akar Jati Desa Tempellemahbang untuk konsumen domestik dan internasional, yaitu dalam hal pengemasan dan pengangkutan yang berdasarkan pada ukuran produk dan juga detail produk tersebut.

English Abstract

Tempellemahbang village is one of village in Blora regency having the scope of an area of teak forest 29,90 % of large enough about the total area of forested country in Blora Regency (data by the state owned forest enterprise 2013 in forestry statistics Blora Regency 2013). The rural communities Tempellemahbang in hereditary have the skills and insights about making furniture made from the root jati and also election raw materials the teakroots that having the good quality to be proceed. With conditions of the peoples and locations that near main raw a source of materials that is the root of teak , so in 2007 Tempellemahbang village was officially opened by the district government of Blora as the Root of Teak Furniture Business Center. This study aims to to know activity performed by entrepreneurs in business center furniture of teakroots Tempellemahbang village in the process of product delivery to its consumers the analysis of distribution channels , domestic and international distribution strategy analysis , until it can be seen a difference that is occurring in the process of the delivery of domestic and international products to consumers. The methodology used was a qualitative methodology, with the descriptive analysis approach. Data on this research obtained through the process interview to key sources who was formerly and direct observation to the field and documentation. Data processing done through a reduction data , presentation of data , until then withdrawal conclusions and substantiation back. The result of the research indicated that there are four pattern of distribution channels may occurring in business center furniture village roots jati village tempellemahbang, namely entrepreneurs - consumers, entrepreneurs - distributor - store, entrepreneurs - KOPINKRA - importers, and entrepreneurs – importers. The results also showed strategy distribution to domestic consumer done by entrepreneur in teakroots furniture center of Tempellemahbang done through exclusive distribution , while distribution strategy for international consumers done through international distribution strategy. There were also difference in treatment given to the product owned by entrepreneur in teakroots furniture center of Tempellemahbang to domestic and international consumers in terms of packaging and transportation based on the size of products and also detail of these products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/605/051907754
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:01
Last Modified: 26 Oct 2020 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174020
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item