Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang)

Parwita, Hendra (2019) Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini berisi tentang, Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X SMA N 3 Malang. Berkembangnya teknologi menuntut manusia untuk dapat terus mengikutinya. Seiring dengan perkembangan teknologi baru-baru ini fenomena game online telah muncul dan menyebar luas dalam masyarakat. Tidak main-main pengguna game online berasal dari semua kalangan yaitu, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Motivasi belajar merupakan hal terpenting bagi seorang anak untuk dapat terus belajar. Motivasi belajar seorang anak akan muncul jika ada suatu hal yang dapat memicunya dan salah satunya adalah game online. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 250 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik quota sampling dengan menentukan sampel dengan kriteria tertentu dan menetapkan kuotanya sehingga sampel berjumlah 69 siswa kelas X yang bermain game online. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kuisoner dan data sekunder yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung serta referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh posotif antara game online terhadap motivasi belajar dan hal ini ditunjukan pada koefisien korelasi sebesar 0,861, dan signifikan di uji melalui t hitung sebesar 13,880 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,996. Nilai R2 ( R Square) sebesar 0,742 menjelaskan bahwa pengaruh variabel Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 74,2% sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui pengguanaan yang sesuai dengan proporsional, game online dapat bermanfaat dalam membangun motivasi belajar siswa baik dari segi kognitif dan juga psikomotorik. Hal ini dapat dilihat oleh beberapa siswa yang belajar Bahasa inggris dari game online yang dimainkannya, membentuk kelompok belajar untuk saling bertukar pikiran dan berkerja sama, dan memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan tugas.

English Abstract

This essay is about the Effect of Game online on student Learning Motivation of Grade X Students of SMA N 3 Malang. The development of technology requires people to continue to follow it. Along with recent technological developments, the phenomenon of game online has emerged and spread widely in society. Users of game online come from all age that is, children, adolescents, adults, and parents. Learning motivation is an important thing for children to be able to continue learning. A child's learning motivation will appear if there is something that can trigger it and one of them is an online game. Therefore this study aims to test whether there is an online game on student learning motivation. The type of research used is explanatory research using quantitative approaches and the data analysis technique used is regression analysis. The population in this study were class X students as many as 250 students. This study uses sampling quota technique by determine the sample with certain criteria and determine the quota, so that the sample specified amounts to 69 students of class X who play online games. The data presented in this study uses primary data, namely through questionnaires and secondary data through observation, interviews, and documentation as supporting data and references relating to this research. The results showed that there were effect between game online on learning motivation and this was shown by coefficient correlation of 0.861 and was significantly tested through t count of 13.880 which was greater than t table of 1.996. The value of R2 (R Square) is 0.742 explaining the relationship of game online variables to Student Learning Motivation is 74.2% while the rest is caused by other factors not related in this study. through the use of proportionally appropriate, games online can be useful increase students learning motivation in terms of cognitive and psychomotor. Some students who learn English from the game online, form study groups to exchange ideas and work together, and have a great responsibility to complete tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/577/051907498
Uncontrolled Keywords: Game Online, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.154 Motivation to learn
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2020 14:20
Last Modified: 02 Sep 2020 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173993
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item