Optimasi Game AI Pada Game Strategi Dengan Menggunakan Algoritme Genetik

Subiantoro, Tio Allin (2019) Optimasi Game AI Pada Game Strategi Dengan Menggunakan Algoritme Genetik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hampir pada setiap video game, AI (Artificial Intelligence) dibuat untuk menghadapi dan menantang pemain untuk mengalahkannya. Namun pada game strategi, AI dibuat dengan menggunakan pertimbangan sederhana. Seperti pertimbangan apakah jarak unit lawan masuk pada jangkauan serang, seberapa kuatkah unit lawan yang ada pada jarak. Sehingga pola pergerakan dari lawan lebih mudah ditebak dan dieksplotasi. Algoritme genetik adalah algoritme yang dapat memberikan solusi pada masalah yang diberikan dengan hasil yang lebih beragam. Sehingga pada penelitian ini, AI pada game strategi dibuat dengan menggunakan algoritme genetik untuk mengontrol pergerakan lawan. Pergerakan unit akan dievaluasi dengan bermacam-macam pertimbangan seperti potensi ancaman yang akan diterima atau yang diberikan, jarak setiap unit pada titik pusat dari keseluruhan unit, dan jarak menuju markas lawan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan algoritme genetik untuk mengontrol pergerakan unit pada game strategi menyebabkan pola pergerakan setiap unit menjadi lebih acak dan lebih susah ditebak, namum masih tetap berusaha untuk mencapai tujuan yang diberikan dengan mempertimbangkan pertimbangan-pertimbangan yang telah diberikan.

English Abstract

Artificial Intelligence in video games is made to offer a challenge for the players. However, most of the AI only use simple rules to decide where to move. Those simple rules are the distance between the other opponent’s unit, attack range, unit’s power, etc. This kind of behavior is usually predictable and tend to be exploited easily. Genetic algorithm is an algorithm that provides various solutions to a certain problem. Thus, in this research, we use a genetic algorithm to control the unit movements. The algorithm will evaluate various factors before it is going to decide on where to move, such as the potential damage, potential loss, the distance of each unit, and the distance to the enemy main headquarter. Based on the research result, we can conclude that using a genetic algorithm as an artificial intelligent agent prove that the movement pattern of the units are less predictable. Additionally, they will still try to satisfy the goal that is given to them.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/608/051907800
Uncontrolled Keywords: permainan strategi, algoritme genetik, game artificial intelligence, video game, strategy game, genetic algorithm, game artificial intelligence, video games
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:34
Last Modified: 09 Mar 2022 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173991
[thumbnail of Tio Allin Subiantoro (2)ok.pdf]
Preview
Text
Tio Allin Subiantoro (2)ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item