Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Nadjamuddin, Nasrun (2019) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh Perusahaan guna mendapatkan legitimasi positif dari masyarakat. Sadar akan adanya kontrak sosial dengan masyarakat merupakan wujud tanggung jawab perusahaan untuk masyarakat. Melalui laporan tahunan yang dipaparkan tiap tahun dengan memuat informasi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), merupakan usaha perusahaan dalam meyakinkan masyarakat dimana tidak melakukan tindakan agresivitas pajak yang dapat merusak citra perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang melakukan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) maka akan semakin rendah tingkat penghindaran pajak yang dilakukan perusahaan tersebut, yang diukur dari nilai Effective Tax Rates (ETR). Nilai Effective Tax Rates (ETR) yang semakin tinggi, mengindikasikan perusahaan tidak melakukan praktik penghindaran pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif kausal. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 periode 2014-2016. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yakni laporan keuangan yang memuat tentang informasi pengungkapan CSR yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap agresivitas pajak dengan nilai signifikansi 0.061 lebih besar dari nilai Sig. α 0.05 (0.061>0.05). Hasil dalam penelitian ini, membuktikan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak dapat menjadikan indikator sebuah perusahaan melakukan agresivitas pajak.

English Abstract

Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) is a very important activity for the Company to gain positive legitimacy from the community. Aware of the existence of a social contract with the community is a form of corporate responsibility for the community. Through the annual report presented by every year with contain information the disclosure of corporate social responsibility ( csr ), was a firm in convince the communities of which did not do the act of aggressiveness tax that can undermine image company. More the companies have disclosure corporate social responsibility (CSR) the more low level tax evasion by the company, measured of the effective tax rates (ETR). The high value effective tax rates (ETR), indicates the company did not do tax evasion practices. The purpose of this study is to test influence disclosure corporate social responsibility (CSR) against aggressiveness tax. The research is quantitative research , with the approach associative causal. Objects research in this study is a company lq45 2014-2016 period. The kind of data and source of the data used was secondary data, Were the reports on financial load for information the disclosure of csr obtained from the indonesia stock exchange website and website of a company that be researched. Sampling techniques used is purposive sampling .The method of analysis the data used in this research was linear regression simple. This research result indicates that disclosure corporate social responsibility (CSR) not affect significantly aggressiveness tax on the significance 0.061 greater than the sig . α 0.05 (0.061>0.05). Results in this study , proving that the disclosure of corporate social responsibility (CSR) cannot make the tax a corporation conducts aggressiveness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/596/051907692
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, agresivitas pajak
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2020 14:42
Last Modified: 12 Nov 2020 14:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173956
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item