Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Predator Fun Park di Kota Wisata Batu (Survei di Predator Fun Park Jalan Raya Tlekung, Desa Gangsiran, Kecamatan Junrejo, Kota Wisata Batu)

Noverian, Olga Hilman (2019) Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Predator Fun Park di Kota Wisata Batu (Survei di Predator Fun Park Jalan Raya Tlekung, Desa Gangsiran, Kecamatan Junrejo, Kota Wisata Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Atribut Produk berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Berkunjung. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Atribut Produk wisata dan Keputusan Berkunjung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 responden yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa berdasarkan nilai t hitung sebesar 12,448. Sedangkan t tabel (α = 0,05 ; db residual = 116) sebesar 1,980. Karena t hitung > t tabel yaitu 12,448 > 1,980 atau nilai sig t (0,685) > α = 0,05 maka model analisis regresi adalah signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel terikat (Keputusan Berkunjung) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Atribut Produk. Berdasarkan penelitian ini maka menurut teori Tjiptono (2008:103) atribut produk merupakan unsur-unsur produk yang dianggap penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Atribut Produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung sehingga ada hubungan antara variabel X dan variabel Y.

English Abstract

This study aims to determine whether the Product Attributes have a partial effect on Visiting Decisions. The type of research used is descriptive research with a quantitative approach. The variables in this study are tourist product attributes and visiting decisions. The population in this study were 118 respondents taken using simple random sampling and data collection methods using questionnaires. Analysis of the data used is descriptive analysis and simple linear regression analysis. The results of the regression analysis showed that based on the value of t count is 12,448. While t table (α = 0.05; db residual = 116) is 1.980. Because t count> t table which is 12,448> 1,980 or sig t (0.685)> α = 0.05 then the regression analysis model is significant. This means that H0 is rejected and H1 is accepted so that it can be concluded that the dependent variable (Visiting Decision) can be significantly influenced by the Product Attribute variable. Based on this research, according to Tjiptono's theory (2008: 103) product attributes are product elements that are considered important by consumers and are used as a basis for decision making. Based on the results of the study it can be concluded that the Product Attribute variable has a significant effect on Visiting Decisions so that there is a relationship between variables X and Y variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/574/051907495
Uncontrolled Keywords: Tourism Product Attributes, Visiting Decisions
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:52
Last Modified: 12 Oct 2023 05:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173939
[thumbnail of Olga Hilman Noverian (2).pdf] Text
Olga Hilman Noverian (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item