Efektivitas Program E-Filing Sebagai Upaya Pemerintah dalam Meningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lamongan)

Setiawan, Ari Irhas (2019) Efektivitas Program E-Filing Sebagai Upaya Pemerintah dalam Meningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Good governance saat ini sudah menjadi tren di kalangan pemerintah dunia, saat ini pemerintah dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang diharapkan dapat menciptakan pemerintahan yang modern. Salah satu organisasi publik di Indonesia yang telah menerapkan modernisasi ialah Direktorat Jenderal Pajak. DJP selalu berupaya mengoptimalkan pelayanan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib sebagai wajib pajak, salah satunya dengan melalukan reformasi perpajakan melalui penerapan e-filing. Tahun 2017 Kota Lamongan memiliki angka Wajib Pajak yang terdaftar sebanyak 94.440, tetapi dalam kenyataanya penyampaian SPT Tahunan di tahun 2017 berjumlah 44.900. Hal ini membuktikan bahwa masih setengah masyarakat wajib pajak yang sadar akan kewajibannya. Salah satu cara pemerintah untuk menanggulangi permasalahan pelaporan SPT Tahunan dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kota Lamongan yaitu dengan munculnya program e-filing. Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka perumusan masalah yaitu Bagaimana Efektivitas Program E-Filing sebagai Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kota Lamongan dan faktor penghambat serta faktor pendukungnya. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Administrasi Publik, Program, Efektivitas Program, Electronic Government (E-Gov), Kepatuhan Masyarakat dan E-filing Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif selanjutnya yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah efektivitas program E-filing di KPP Pratama Lamongan yang meliputi ketepatan sasaran program, sosialisasi program, keberhasilan tujuan program dan pemantauan program. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Program e-filing di KPP Pratama Lamongan dapat direalisasikan, meskipun belum maksimal atau belum merata. Hal ini dibuktikan dari pelaksanaan program e-filing di KPP Pratama yang telah diwujudkan dan hasilnya telah berguna bagi masyarakat Wajib Pajak di KPP Pratama Lamongan. Dalam program e-filing masih ditemukan beberapa masalah di lapangan. Hal ini membuktikan bahwa memang program ini masih mempunyai kekurangan meskipun demikian, angka jumlah pelapor yang menggunakan e-filing setiap tahun semakin meningkat sesuai dengan data yang diperoleh di KPP Pratama Lamongan.

English Abstract

Good governance is now a trend in the world government, now the government is required to adapt to technological developments that are expected to create a modern government. One of the public organizations in Indonesia that has implemented modernization is the Directorate General of Taxes. DJP always seeks to optimize services so that it is expected to increase public awareness for orderly as taxpayers, one of which is through tax reform through the implementation of e-filing. In 2017, Lamongan City has registered taxpayer numbers of 94,440, but in fact the submission of Annual Tax Returns in 2017 amounts to 44,900. This proves that there are still half the community of taxpayers who are aware of their obligations. One way the government can overcome the problem of reporting annual tax returns and increasing taxpayer compliance in Lamongan City is the emergence of e-filing programs. Based on the background of the problem, the formulation of the problem is how the effectiveness of the E-Filing Program as Government Efforts to Improve the Compliance of Lamongan City Taxpayers and the inhibiting factors and their supporting factors. The theories used in this study are Public Administration, Programs, Program Effectiveness, Electronic Government (E-Gov), Community Compliance and E-filing. The research method used in this study is descriptive research with a qualitative approach which is the focus of this research is the effectiveness of the E-filing program at Lamongan KPP which includes the accuracy of program objectives, program socialization, the success of program objectives and program monitoring. From the results of this study it was found that e-filing program at KPP Pratama Lamongan could be realized, even though it was not maximal or evenly distributed. This is evidenced from the implementation of the e-filing program which has been realized and the results have been useful for the taxpayers in KPP Pratama Lamongan. On e-filing program there were still some problems in the field. This proves that this program still has deficiencies, however, the number of reporters who use e-filing every year is increasing according to the data obtained at the KPP Pratama Lamongan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/583/051907553
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:33
Last Modified: 05 Aug 2020 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173937
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item