Pengembangan Aplikasi Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Berbasis Web Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo

Dwitama, Alfi Julisar (2019) Pengembangan Aplikasi Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Berbasis Web Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki fungsi pelayanan publik yang salah satunya yaitu pelayanan pengaduan masyarakat. Pelayanan pengaduan masyarakat ini dikelola oleh suatu badan yang dinamakan Pusat Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat (P3M) yang berada pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Pelayanan pengaduan masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa media seperti melalui media sosial dan website aplikasi P3M. Dari media tersebut layanan pengaduan masyarakat dapat dilakukan namun memiliki kendala mengenai aksesbilitas dan ketertarikan pengguna terhadap aplikasi P3M. Selain itu juga diperlukannya beberapa fitur tambahan terhadap aplikasi P3M. Berdasarkan masalah itu maka diperlukan pengembangan website aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan aplikasi penanganan pengaduan masyarakat dapat dijalankan secara lebih efektif. Pengembangan dilakukan dengan memberikan pemodelan proses bisnis, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi sistem penanganan pengaduan masyarakat dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek. Selanjutnya dilakukan pengujian sistem untuk mengetahui sistem atau aplikasi yang telah dikembangan dalam penelitian ini dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan yang telah teridentifikasi. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode waterfall model dan menggunakan kerangka kerja php laravel dan pengujian dilakukan menggunakan metode validation testing. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan mampu mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat.

English Abstract

Kabupaten Sidoarjo Government has public service function, one of which is public complaints services. This public complain service is managed by an agency called the Public Complaints and Service Center (P3M) which is located at the Communication and Information Office of Sidoarjo Regency. Public complaints services can be done through several media such as through social media and the P3M application website. From the media, public complaints services can be done but have problems regarding user accessibility and interest in P3M applications. In addition, some additional features are needed for the P3M application. Based on the problem, it is necessary to develop a public complaints service application website that can solve the problem. This research was conducted to find out that the development of community complaint handling applications can be carried out more effectively. Development is carried out by providing business process modeling, needs analysis, designing and implementing community complaint handling systems by implementing an object oriented approach. Then the system is tested to find out which systems or applications that have been developed in this study can run according to identified needs. Application development is done by using the waterfall model method and using the Laravel php framework and testing is done using the validation, responsivity, and compatibility testing method. The results of the study indicate that the system can run well in accordance with expectations and is able to facilitate public complaints services.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/586/051907778
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sistem informasi pengaduan , pemerintah, masyarakat, waterfall , laravel, development, complain information system, government, public, waterfall, laravel
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:33
Last Modified: 19 Oct 2021 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173926
[thumbnail of Alfi Julisar Dwitama .pdf]
Preview
Text
Alfi Julisar Dwitama .pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item