Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Snapchat dan Aplikasi Instagram Menggunakan User Persona dan Kuesioner Mecue

Al Kindy, Wahyu (2019) Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Snapchat dan Aplikasi Instagram Menggunakan User Persona dan Kuesioner Mecue. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial sebagai media online dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi melalui blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Instagram dan Snapchat menghadirkan pengalaman pengguna yang relatif sama. Pengalaman pengguna merupakan bagaimana seorang pengguna internet mengakses website atau aplikasi, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website atau aplikasi tersebut atau dalam dunia IT sering disebut dengan User Experience (UX). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengalaman pengguna aplikasi Instagram dan Snapchat menggunakan kuesioner meCUE serta mencari kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi. Kuesioner meCUE adalah adalah alat bantu yang berguna untuk mengevaluasi pengalaman pengguna atau UX sebuah website atau aplikasi. Sebelumnya, kuesioner ini telah di kembangkan dan di validasi ke dalam bahasa Inggris oleh Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner serta telah di validasi dan di uji realibilitas ke dalam bahasa Indonesia melalui pendapat ahli pada penelitian sebelumnya oleh Dea Annisa Larasati. Untuk meyakinkan kembali kelayakan isi, kandungan serta tata bahasa dalam dunia User Experience, pada penelitian ini dilakukan validasi kembali terhadap instrumen kuesioner meCUE dengan dua ahli User Experience. Setelah mendapatkan kuesioner yang tervalidasi kembali, kuesioner disebarkan ke 58 responden yang sesuai kriteria, yaitu yang pernah menggunakan aplikasi Instagram dan Snapchat, atau yang sering menggunakan dua aplikasi tersebut. Kuesioner meCUE memiliki 5 module dan 10 instrumen penilaian didalamnya, instrumen meliputi usefullness, usability, visual aesthetic, status, commitment, positive emotions, negative emotions, product loyalty, intention to use dan overall evaluation, dalam penelitian ini terdapat data objektif dan data subjektif. Penelitian ini menghasilkan perbandingan nilai rata-rata setiap instrumen meCUE kedua aplikasi yang dimana aplikasi Instagram menghasilkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi Snapchat dan tabel perbandingan kekurangan dan kelebihan hasil wawancara responden mengenai pengalaman pengguna kedua aplikasi dimana aplikasi Instagram memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi Snapchat.

English Abstract

Social media as an online media with its users can easily participate, share and create content through blogs, social networks, wikis, forums and the virtual world. Instagram and Snapchat provide a relatively similar user experience. User experience is how an internet user accesses a website or application, an experience they get from the website or application or in the world of IT is often referred to as User Experience (UX). This study aims to analyze the comparative experiences of users of Instagram and Snapchat applications using the meCUE questionnaire and look for the advantages and disadvantages of both applications. The meCUE questionnaire is a tool that is useful for evaluating the user experience or UX of a website or application. Previously, this questionnaire had been developed and validated in English by Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner and was validated and tested for reliability in Indonesian through expert opinion on previous research by Dea Annisa Larasati. To reassure the feasibility of content, content and grammar in the world of User Experience, in this study re-validation of the meCUE questionnaire instrument with two experts was User Experience. After getting the validated questionnaire again, the questionnaire was distributed to 58 respondents who matched the criteria, specifically those who had used the Instagram and Snapchat applications, or who often used the two applications. The meCUE questionnaire has 5 modules and 10 assessment instruments in it, instruments include usefulness, usability, visual aesthetic, status, commitment, positive emotions, negative emotions, product loyalty, intention to use and overall evaluation, in this study there are objective data and subjective data . This study resulted in a comparison of the average value of each meCUE instrument for both applications where the Instagram application produced a higher average value than the Snapchat application and a comparison table of the weaknesses and strengths of respondents interviewing the user experience of the two applications where the Instagram application had more advantages than with the Snapchat application.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/585/051907777
Uncontrolled Keywords: media sosial, user experience, aplikasi Instagram, aplikasi Snapchat, kuesioner meCUE, uji validasi. social media, user experience, Instagram application, Snapchat application, meCUE questionnaire, validity.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 May 2020 05:18
Last Modified: 19 Oct 2021 05:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173924
[thumbnail of Wahyu Al Kindy (2).pdf]
Preview
Text
Wahyu Al Kindy (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item