Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Game (RPG)

Wistara, Sandhi (2019) Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Game (RPG). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Role Playing Video Game adalah game dimana pengguna diberikan peran dalam dunia yang dibangun. Pada game tipe ini menyediakan pemain dengan berbagai macam kekuatan yang terkadang memakan input lebih. Game tipe ini lebih banyak dikenal pada komputer. Meskipun beberapa game jenis ini dikembangkan pada perangkat konsol tetapi pengembang mengurangi beberapa fungsi yang ada. Hal ini dikarenakan input yang dimiliki keyboard komputer lebih banyak daripada Joypad yang biasa digunakan pada konsol. Untuk menangani kekurangan ini pada perangkat konsol atau seseorang yang lebih terbiasa menggunakan Joypad maka digabungkan sebuah input tambahan yang dapat digunakan bersamaan dengan joypad. Pada konsol jenis X-box memiliki perangkat bernama kinect. Kinect dikembangkan untuk menangkap gerakan pada pengguna. Perangkat ini adalah satu dari berbagai macam jenis Natural User Interface. Natural user interface (NUI) adalah sebuah salah satu jenis tatap muka pengguna yang dimanipulasi secara alami. Contoh dari NUI adalah layar sentuh, mouse, dan manipulasi dimana pengguna menggunakannya tanpa perlu latihan khusus. Penelitian konsep Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Video Game (RPG) dimulai dengan meneliti bagaimana konsep menerapkan Natural User Interface pada kinect. Konsep dikembangkan dengan meneliti berbagai jenis data yang kinect berikan dan bagaimana data diubah menjadi input. Kinect membaca posisi dari setiap anggota badan, bentuk tangan yaitu lasso, close, open dan unknown. Dari posisi tersebut kinect membuat bentuk rangka dari pengguna yang saat itu memasuki kamera dari kinect. Input berhasil dikembangkan menjadi delapan input. Hal yang digunakan adalah jarak antar tangan untuk mengatur antara kondisi input atau tidak. Kondisi tangan lasso digunakan sebagai pusat dari input. Dari lasso dihitung jarak X dan Y untuk menentukan input mana yang dieksekusi.

English Abstract

Role Playing Video Game is type of game where player given role in world that build based on setting that made.In this type of game player given many power that use up so many input to execute. This type of game is more common in computer device then consol. Even thou this type of game is sometimes develop or ported in consol device, the input it’s accommodate is not much to handle the input the game provide and in return some input is not implemented. This is caused by the number of input Keyboard can handle is more then Joypad on consol could. To tackle this problem a new input needed to be combined with Joypad. On x-box consol device an extra device called Kinectis used Kinect is developed for catching user body motion of the user that currently in frame. This device is one of many kind of Natural User Interface type device. Natural user interface (NUI) is a form of interface that let user manipulate the interface in natural manner. The example of NUI is mouse device in computer, touch screen, and any device that handled without any need of special training. Research of Penggabungan Natural User Interface dengan Joypad pada Role Playing Video Game (RPG) is start by analize the concept of Natural User Interface that is implemented by Kinect. The concept is develop by what kind of data kinect give and how to implement it into Input. Kinect read position of body part, the form of hand is form that is lasso, Close, open and Unknown. From this position Kinect form a frame of user body that is catched by kinect camera. From this research eight kind of input is made. Input is formed by the distance between hand to decide whenever or not user use an input. The hand form lasso is used as the center of input to decide what kind of input the hand want. From center lasso the position of X and Y is counted between center and new position to decide what input the hand do.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/573/051907765
Uncontrolled Keywords: Natural User Interface, Role Playing Video Game, kinect, Input.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:32
Last Modified: 19 Oct 2021 05:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173904
[thumbnail of Sandhi Wistara.pdf]
Preview
Text
Sandhi Wistara.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item