Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Benih Jagung Manis di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Pratama, Hary (2019) Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Benih Jagung Manis di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung merupakan salah satu komoditas utama tanaman pangan sebagai sumber karbohidrat kedua setelah beras yang sangat berperan dalam menunjang ketahanan pangan. Perkembangan produksi jagung di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, namun masih belum cukup untuk memenuhi permintaan. Jagung diklasifikasikan ke dalam 7 tipe, salah satunya jagung manis (Zea mays saccharata sturt) adalah tanaman pangan yang diminati oleh masyarakat karena memiliki rasa lebih manis dari jagung biasa, mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan masa panen yang lebih cepat. Kecamatan Bumiaji merupakan daerah yang berpotensi menghasilkan jagung manis di Kota Batu Jawa Timur, daerah tersebut menjadi sasaran produsen benih jagung manis. Persaingan yang sangat ketat membuat produsen bersaing mengembangkan produk benih jagung manis dengan meningkatkan atribut-atribut benih. Tidak dapat bertahannya produk benih jagung manis juga menunjukan masih terdapatnya ketidakpuasan konsumen terhadap barang yang dikonsumsi. Terdapat dua merek benih jagung manis yang pernah beredar di Kecamatan Bumiaji yaitu Talenta dan Jambore. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis persepsi petani terhadap tingkat kepentingan dan kinerja dan mengetahui tingkat kepuasan petani terhadap atribut benih jagung manis di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja atau purposive di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Cochran Q Test yang digunakan untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap valid, Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut dari tingkat kepentingan dan tingkat kinerja kualitas produk, dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui besarnya indeks kepuasan yang dihasilkan oleh suatu produk. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) Benih Talenta dapat memberikan kepuasan kepada petani dengan skor tertinggi yaitu sebesar 95% dibandingkan Benih Jambore sebesar 86,6%. Hasil analisis IPA, dari kedua merek benih jagung manis yang memiliki tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang sesuai dengan persepsi responden adalah merek Talenta. Terdapat empat atribut dari Benih Talenta yang masih perlu diperbaiki yaitu atribut ketahanan simpan klobot (X5), umur panen (X6), ukuran/bobot tongkol (X7) dan warna biji (X9). Benih Jambore memiliki 5 atribut yang masih perlu diperbaiki yaitu ketahanan simpan klobot awet hijau (X5), umur panen (X6), ukuran/bobot tongkol (X7), warna biji (X9) dan tebal/tipis daging buah (X10). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Hasil analisis mengenai tingkat kepuasan petani terhadap penggunaan benih jagung manis Talenta, dan Jambore menunjukkan bahwa Benih Talenta merupakan benih yang paling memberikan kepuasan pada responden petani di Kecamatan Bumiaji.

English Abstract

Corn is one of the main commodities of food crops As a second source after rice which is very helpful in supporting food security. The development of corn production in Indonesia has increased significantly, but it is still not enough to meet demand. Corn is classified into 7 types, one of which, is sweet corn (Zea mays saccharata sturt is a food crop that is in demand by the community because it has a sweeter taste and more flavor than ordinary corn, has a high economic value and a faster harvest period. Bumiaji District is an area that provides sweet corn producers in Batu City, East Java, this area is the target of producing sweet corn seeds. Very tight competition makes competition for sweet corn products by increasing seed attributes. Not being able to survive sweet corn products also shows that there is still a shortage of consumer fasting for goods consumed. There are two brands of sweet corn seeds that have ever existed in Bumiaji District namely Talenta and Jambore. The purpose of this study was to analyze farmers' perceptions of importance and farmer-level assessments of the attributes of sweet corn in Bumiaji District, Batu City. Determination of the location of the study was carried out intentionally or intentionally in Giripurno Village, Bumiaji District, Batu City. The sample measurement technique determined by multiplying the number of variables by 5 or 5 x the number of valid attributes collected by farmers in purchasing corn seeds after the Cochran Test conducted. The analytical tools used in this study include Cochran Q Test used to find out what attributes are considered valid, Important Performance Analysis (IPA) to determine the attributes of importance and product quality levels, and the Customer Satisfaction Index (CSI) to find the magnitude satisfaction index produced by a product. Analysis of the Customer Satisfaction Index (CSI Talenta Seed can provide satisfaction to farmers with the highest score of 95% compared to Jamboree Seeds of 86.6%. Results of IPA analysis, from both sweet corn seed brands Respondents' perception is Talenta brand. Obtained by four attributes from Talenta seeds that still need to be improved attribute attributes save klobot (X5), harvest age (X6), size / weights of cob (X7) and color of seeds (X9). Jamboree seeds have 5 attributes that still need to be improved, namely resilience of storing green long-lasting weight ( X5), harvest age (X6), cob size / weight (X7), seed color (X9) and thick / thick fruit flesh (X10). The conclusions obtain in this study were the results of the analysis of the level of farmers' satisfaction with the use of Talenta corn seeds, and the Jamboree showed that Talenta Seeds were the seeds that gave satisfaction to farmers in Bumiaji District.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/779/051907726
Uncontrolled Keywords: Zea mays saccharata sturt, purposive, Cochran Q Test, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 15 Products (Corn)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:25
Last Modified: 24 Aug 2020 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173886
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item